Rabu 29 Januari 2020, 15:19 WIB

Luhut: MotoGP di Mandalika Gaungkan Pariwisata RI

Tesa Oktiana Surbakti | Olahraga
Luhut: MotoGP di Mandalika Gaungkan Pariwisata RI

Dok. Humas Kemenko Marves
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengadakan rapat persiapan MotoGP di Mandalika, NTB.

AJANG balap motor bergengsi, MotoGP, akan berlangsung di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menilai perhelatan itu akan semakin menggaungkan pariwisata Indonesia di mata dunia.

“Dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan, kita dorong betul pembangunan sirkuitnya. Ini adalah sirkuit standar internasional. Memang ini adalah yang pertama di dunia, dengan gelaran MotoGP di pinggir pantai. Ini akan lebih menggaungkan pariwisata Indonesia di (mata) dunia,” ujar Menko Luhut usai mengadakan pertemuan dengan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar Mansoer, di Jakarta, Rabu (29/1).

Berdasarkan laporan Dirut ITDC, lanjut Luhut, persiapan MotoGP 2021 dinilai sangat baik dan terus menunjukkan peningkatan. Luhut juga memberikan arahan kepada pihak ITDC, agar segala pekerjaan dilakukan mendetail dan berstandar internasional.

Baca juga: Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Diproyeksikan Rampung Akhir 2020

“Progress-nya sekitar 40%. Sudah ada jalan langsung dari bandara ke Mandalika. Infrastruktur jalan sudah lebih dari 40%. Presiden sudah ke sana pada Mei lalu untuk melihat persiapan. Sekarang progress-nya sudah mulai terlihat. Rencana pada Maret atau April, saya akan berkunjung ke sana. Karena pada Oktober ini akan diselesaikan," jelas Luhut.

Sementara untuk akomodasi, Luhut mengatakan hal tersebut bisa dicukupi. Bahkan, salah satu salah satu hotel bintang lima dalam tahap pembangunan. Kemudian terkait pemesanan tiket, ITDC mengaku sudah membuat situs resmi untuk pre-booking tiket. Diketahui sekitar 3000 orang sudah memesan.

“Untuk tiket baru kita buka 20 Januari kemarin. Sudah 3000 dan sebentar lagi sudah habis, tapi itu tiket pre-booking. Nanti sisanya kita beli waktu balapan dimulai. Kita menunggu dari Dorna (pengelola MotoGP) juga, nanti pengumuman Agustus 2020. Harga tiket akan disesuaikan dengan kemampuan masyarakat. Yang jelas masyarakat akan mendapat hiburan luar biasa," ujar Abdulbar.

Menurutnya, sirkuit Mandalika mempunyai desain yang luar biasa dengan latar belakang perbukitan dan pantai yang indah. Sirkuit tersebut juga akan menyediakan ruang bagi masyarakat yang ingin menyaksikan langsung MotoGP dari perbukitan di sekitar sirkuit. Harga tiket yang dikenakan pun dijamin tidak mahal dan masih terjangkau masyarakat. Keputusan mengenai tiket juga masih menunggu pengumuman oleh Dorna pada Agustus mendatang.(OL-11)

Baca Juga

AFP

Zverev Bantah Tuduhan Kekerasan Terhadap Mantan Pacar

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 01 November 2020, 00:49 WIB
Petenis Jerman yang menempati posisi kedua turnamen US Open 2020 Alexander Zverev membantah tuduhan tindakan kekerasan terhadap Olga...
AFP/GEORG HOCHMUTH

Djokovic Tak Terpengaruh Kalah di Wina Terbuka

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 17:10 WIB
Djokovic tetap meyakini bisa menyamai rekor Pete Sampras yang enam kali mengakhiri musim sebagai petenis peringkat satu...
MI/Widjajadi

Bulutangkis masih Jadi Andalan Raih Medail Emas

👤Widjajadi 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 08:51 WIB
Nasional Paralympic Committee (NPC) Indonesia targetkan medali emas dari cabang bulutangkis di pesta olahraga Paralympic Tokyo...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya