Rabu 29 Januari 2020, 13:28 WIB

Kemenlu RI Terus Berupaya Evakuasi WNI dari Wuhan

Andhika Prasetyo | Humaniora
Kemenlu RI Terus Berupaya Evakuasi WNI dari Wuhan

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Petugas posko informasi warga Aceh di Wuhan, Tiongkoka memperlihatkan foto mahasiswa dan warga Aceh yang masih berada di Wuhan.

 

KEMENTERIAN Luar Negeri (Kemenlu) RI masih terus berkomunikasi intensif dengan pemerintah Tiongkok untuk mendapat izin evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan yang menjadi sumber penyebaran virus korona.

"Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi) telah meminta Dubes RI Beijing untuk melakukan komunikasi intensif dengan otoritas Tiongkok agar mereka memberikan fasilitasi proses evakuasi WNI," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah kepada Media Indonesia, Rabu (29/1).

Teuku mengakui pemerintah masih memiliki tantangan dalam upaya melakukan evakuasi. Pemerintah Tiongkok tidak ingin proses pengeluaran penduduk dari wilayah terisolasi menimbulkan masalah turunan.

Baca juga : Korban Tewas Virus Korona di Tiongkok Jadi 132 Orang

"Jadi tantangannya bersifat teknis di lapangan. Kita harus yakinkan evakuasi dr wilayah isolasi tidak timbulkan masalah turunan," tuturnya.

Tidak hanya Indonesia, negara-negara lain seperti Amerika Serikat dan Jepang pun menghadapi persoalan serupa.

"Yang paling penting sekarang adalah pemerintah memberikan perhatian yangmaksimal kepada masyarakat kita di sana. Evakuasi adalah opsi yang terus kami upayakan," jelas Teuku. (Pra/OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More