Rabu 29 Januari 2020, 12:55 WIB

Menkominfo Sebut tak akan Batasi VPN dan Facebook

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Menkominfo Sebut tak akan Batasi VPN dan Facebook

MI/SUSANTO
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate (tengah) di Kompleks Media Group, Kedoya Selatan, Jakarta Barat, Rabu (29/1).

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, mengklarifikasi kabar penutupan Facebook dan Virtual Private Network (VPN) yang beredar di masyarakat. Menkominfo menegaskan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tidak ada rencana untuk menutup/membatasi aplikasi besar tersebut.

“Tidak mungkin secara teknologi VPN ditutup, dengan demikian itu misinformasi bahkan hoaks juga itu. Demikian juga terkait dengan Facebook,” kata Johnny saat ditemui dalam acara Workshop Penulisan Opini Melawan Hoaks di kantor Media Indonesia, Jakarta, Rabu (29/1).

Baca juga: Siapkan Pesawat Evakuasi, TNI AU Tunggu Instruksi Kemenlu

Johnny menjelaskan, pemerintah justru akan mengajak perusahaan-perusahaan besar tersebut untuk membangun industri telematika di Tanah Air agar lebih dinamis dan lebih berkembang sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang lebih beragam, berkualitas, serta dengan harga yang lebih terjangkau.

Menkominfo pun mengajak masyarakat agar lebih dewasa dan bijaksana dalam memanfaatkan VPN agar informasi yang didapatkan dari aplikasi tersebut merupakan informasi yang bermanfaat dan mengedukasi.

“Salah satu masalah yang paling besar adalah pada saat dimana VPN digunakan sebagai media bagi industri-industri pornografi, narkotika, seksualitas, maka ini yang bisa mengontrol adalah viewersnya sendiri. Bagaimana viewers harus bisa memilih yang mana yang baik, mana yang berguna, mana yang bermanfaat. Jangan semuanya ditonton dan itu edukasi bagi viewer-nya itu sendiri,” tandasnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More