Rabu 29 Januari 2020, 12:30 WIB

Siapkan Pesawat Evakuasi, TNI AU Tunggu Instruksi Kemenlu

Andhika Prasetyo | Humaniora
Siapkan Pesawat Evakuasi, TNI AU Tunggu Instruksi Kemenlu

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi--pesawat Hercules milik TNI

 

TNI AU telah menyiapkan tiga pesawat yakni dua Boeing dan satu Hercules untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di kota pusat penyebaran virus korona, Wuhan, Tiongkok.

Selain pesawat, petugas-petugas medis dari batalion kesehatan juga sudah disiagakan dengan berbekal informasi situasi dan berbagai peralatan medis.

"Kami sudah siapkan pesawat Boeing 737 dan satu Hercules C130. Kami juga siapkan personel dari batalion kesehatan," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Fajar Adriyanto kepada wartawan, Rabu (29/1).

Baca juga: Menkominfo Minta Warganet tidak Sebar Hoaks Soal Virus Korona

Tiga pesawat yang disiapkan TNI AU diperkirakan mampu mengangkut hingga lebih dari 200 WNI.

Kendati demikian, TNI masih harus menunggu instruksi dari Kementerian Luar Negeri untuk memberangkatkan pesawat tersebut dan membawa pulang WNI dari Wuhan.

"Kami masih tunggu informasi dari Kemenlu untuk bisa berangkat. Apakah bisa tembus ke pemerintah sana. Tapi yang jelas TNI AU siap 24 jam," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah Tiongkok mengisolasi daerah Wuhan sejak virus korona merebak. Tidak boleh ada penduduk yang masuk atau keluar dari kota tersebut. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More