Rabu 29 Januari 2020, 10:54 WIB

Ronny Dicopot, Beredar Lambang Imigrasi Latar Belakang Hitam

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Ronny Dicopot, Beredar Lambang Imigrasi Latar Belakang Hitam

Istimewa
Lambang imigrasi dengan latar belakang hitam

 

PEMECATAN Dirjen Imigrasi Ronny Sompie ternyata menimbulkan reaksi di kalangan pegawai imigrasi. Mereka mengaku sedih dengan keputusan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly tersebut.

Sebagai perlambang kesedihan mereka, lambang imigrasi berlatar belakang hitam muncul di media sosial.

Menurut seorang pegawai imigrasi yang menolak disebutkan identitasnya, aksi mereka itu sebagai bentuk kesedihan atas pemecatan Ronny. Pasalnya, mereka memandang Ronny sebagai orang baik.

Kemarin, Selasa (28/1), Dirjen Imigasi Ronny Sompie diganti sebagai buntut kekeliruan data informasi mengenai kembali-nya Harun Masiku ke Indonesia. Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly mengungkapkan Ronny diganti mulai kemarin.

Baca juga: Ronny Dicopot Terkait Harun Masiku

Yasonna mengatakan jabatan Dirjen Imigrasi dialihkan ke jabatan fungsional dalam rangka pembentukan tim gabungan untuk menyelidiki kesalahan informasi catatan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta atas tersangka KPK Harun Masiku. Yassona juga mencopot Direktur Sisdik Keimigrasian.

Untuk mengganti Ronny, Yasonna menunjuk Irjen Kemenkum dan HAM Jhoni Ginting sebagai Plt Dirjen Imigrasi.

"Supaya tim independen ini jangan ada conflict of interest, saya sudah memfungsionalkan Dirjen Imigrasi. Jadi sekarang Dirjen Imigrasi sudah diganti plh, termasuk Direktur Sisdik Keimigrasian," ujar Yasonna.

Menurut Yasonna, tim gabungan ini terdiri atas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara, Direktorat Tindak Pidana Cyber Bareskrim Polri, dan Ombudsman.

Nantinya tim akan melacak mengapa terjadi penundaan atau delay soal data keberadaan Harun di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Saya mau kita betul-betul terbuka dan melacak mengapa ini terjadi delay, mengapa data tersimpan di PC terminal 2F bandara. Kalau yang terminal 3 kan beres, makanya enggak ada masalah, tapi terminal 2 ini ada delay," terangnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Susanto

NasDem Usul Gaji Anggota DPR Dipotong 50% Untuk Tangkal Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Maret 2020, 13:14 WIB
Fraksi Partai NasDem mengusulkan pemotongan 50% gaji anggota dewan yang terhormat mulai bulan April 2020 untuk membantu menanggulangi wabah...
ANTARA/SIGID KURNIAWAN

Sandiaga dan Prabowo Bertarung pada Pilpres 2024

👤Cah/Ant/P-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 07:25 WIB
Raihan yang diperoleh Sandi itu jauh lebih tinggi dari tokoh terkenal lainnya, seperti Prabowo Subianto yang hanya memperoleh...
ANTARA/FAUZAN

Jangan Sampai Muncul Ketidakadilan Baru

👤Rif/P-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 07:15 WIB
Jika LP berhenti melaksanakan fungsi pemidanaan karena kelebihan kapasitas dan mewabahnya virus korona, yang menjadi pertanyaan bagaimana...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya