Selasa 28 Januari 2020, 20:31 WIB

Cegah Virus Korona Etika Batuk dan Bersin Digencarkan

Cikwan Suwandi | Nusantara
Cegah Virus Korona Etika Batuk dan Bersin Digencarkan

MI/Cikwan Sukwandi
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Nurdin Hidayat

 

DINAS Kesehatan Kabupaten Karawang, Jawa Barat mulai mewaspadai penyebaran virus korona. Kewaspadaan itu dilakukan dengan mengirimkan surat edaran kepada seluruh puskesmas dan rumah sakit di Karawang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Nurdin Hidayat mengatakan kewaspadaan dini dilakukan dengan melakukan standar operasional kewaspadaan virus korona dan peningkatan sosialisasi etika batuk dan bersin.

"Nanti ada SOPnya yang kita siapkan dari Puskesmas hingga ke Rumah Sakit. Setelah itu juga ada peningkatan sosilisasi etika batuk dan bersin kepada masyarakat. Bagaimana ketika batuk dan bersin untuk menutup mulutnya," kata Nurdin kepada Media Indonesia, Selasa (28/1).

Untuk SOP kewaspadaan virus corona, disiapkan Puskesmas siaga. Jika ada pasien yang mengalami batuk berat dan dinilai suspect, segera dirujuk ke RSUD Karawang.

"Jadi Puskesmas jangan menyimpulkan. Nanti biar rumah sakit dengan dokter spesialis paru yang memeriksa. Jika sudah positif akan segera dirujuk ke enam rumah sakit khusus penanganan virus korona," kata dia.

Ia mengimbau kepada masyarakat Karawang untuk tetap tenang. Ketika ada masyarakat yang mengalami gejala batuk berat dan pilek dengan sebelumnya pernah berpergian ke negera tertentu khususnya Tiongkok, maka untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan.

Sementara Direktur RSUD Karawang, Sri Sugihartati menyebutkan telah menyiapkan lima kamar di ruang isolasi untuk pasien suspect korona.

"Yang kita siapkan ada 5 kamar dalam satu ruangan isolasi," pungkasnya. (OL-13)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More