Selasa 28 Januari 2020, 11:00 WIB

Formaksi, RS Awal Bros Group, dan BPJS Kesehatan Jalin Kerja Sama

mediaindonesia.com | Humaniora
Formaksi, RS Awal Bros Group, dan BPJS Kesehatan Jalin Kerja Sama

Istimewa
Formaksi melakukan penandatanganan kerja sama dengan RS Awal Bros Group terkait fasilitas Coordination of Benefit (CoB) BPJS Kesehatan.

 

SEBANYAK 11 perusahan asuransi yang tergabung dalam Forum Asuransi Kesehatan Indonesia (Formaksi) melakukan penandatanganan kerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Awal Bros Group terkait fasilitas Coordination of Benefit (CoB) BPJS Kesehatan.

Chief Operating Officer RS Awal Bros Group, Leona A. Karnali, mengatakan bahwa kesepakatan ini merupakan lanjutan kerja sama atau addendum dari kerja sama sebelumnya untuk layanan CoB BPJS Kesehatan. Adapun kerja sama yang terjadi adalah direct billing  antara masing-masing perusahaan asuransi dengan RS Awal Bros Group.

“Jika para pasien memiliki Asuransi Kesehatan Tambahan (AKT) yang tergabung dalam 11 forum asuransi kesehatan, para pasien yang ingin naik kelas rawat inap di atas plafon kelas BPJS yang dimilikinya tidak perlu membayar kelebihan biaya akibat permintaan naik kelas rawat inap tersebut. Seluruh kelebihan biayanya akan ditagihkan ke AKT yang dimilikinya,” ujar Leona A. Karnali.

Adapun perusahaan asuransi yang tergabung dalam forum asuransi kesehatan tersebut adalah ABDA, Allianz, Avrist, BNI, CAR, Equity, Lippo, MAG, Sinarmas, Sinarmas MSIG, dan Tugu Mandiri.

Menurut Leona, kerja sama RS Awal Bros Group dengan Formaksi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang seluas-luasnya kepada masyarakat, baik pengguna jaminan asuransi maupun BPJS Kesehatan.

"Kerja sama CoB asuransi ini akan membantu masyarakat yang ingin berobat menggunakan jaminan BPJS Kesehatan dengan pelayanan tambahan atau upgrade kelas BPJS Kesehatan," ujar Leona.

"Kerja sama ini sejalan dengan Permenkes 51 tahun 2018 bahwa asuransi sebagai second payor dan BPJS Kesehatan sebagai penjamin pertama," tuturnya.

“Hanya rumah sakit - rumah sakit dengan kriteria tertentu yang dapat menjadi rumah sakit pilihan yang menyediakan fasilitas CoB ini,” ujar Leona.

Program kerja sama terkait dengan CoB ini akan terus kami sosialisasikan secara terarah dan terukur kepada para pasien sehingga para pasien dapat merasakan manfaat dari CoB ini secara menyeluruh.

“Sosialisasi akan kami berikan dalam berbagai bentuk seperti seminar, event komunitas, atau edukasi langsung kepada pasien yang berkunjung ke rumah sakit,” ujar Leona.

RS Awal Bros Group berkomitmen menjaga mutu bagi para pasien dengan akreditasi KARS dan JCI .

“Kami akan senantiasa mempertahankan akreditasi melalui standar mutu yang baik, mengikuti perkembangan zaman, dan memenuhi kebutuhan layanan kesehatan pasien,” ujar Leona. (OL-09)

 

Baca Juga

Antara/Hafidz Mubarak

Lawan Covid-19, Erick Thohir: Mari Jaga Indonesia dari Rumah

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Maret 2020, 08:56 WIB
Kasus virus korona di Indonesia terus meningkat. Menteri BUMN, Erick Thohir, meminta masyarakat untuk menjaga Indonesia dengan tetap...
AFP

Pandemi Covid-19, Earth Hour Dilakukan Secara Virtual

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 29 Maret 2020, 07:55 WIB
Earth Hour 2020 bertema Global Raise Your Voice For Nature. Tahun ini peringatan Earth Hour dilakukan secara virtual di kediaman...
Dok. MI

Pegawai LMAN Meninggal Terpapar Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 29 Maret 2020, 07:10 WIB
Rezka dinyatakan terjangkit virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, itu setelah tim medis Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya