Selasa 28 Januari 2020, 18:33 WIB

Meksiko Deportasi 2.300 Imigran Asal Honduras

Rifaldi Putra Irianto | Internasional
Meksiko Deportasi 2.300 Imigran Asal Honduras

Alfredo Estrella/AFP
Petugas Imigrasi Meksiko mengecek dokumen sekelompok penumpang bus di pos pengawasan wilayah Ciudad Hidalgo, Meksiko.

 

OTORITAS imigrasi Meksiko telah mendeportasi 2.300 warga Honduras, yang menyeberang dari Guatemala menuju Amerika Serikat (AS) secara ilegal.

Menurut pihak National Migration Institute, pemulangan 2.300 warga Honduras sudah dilakukan sejak 18 Januari.

"SebanyaK 1.064 migran Honduras dideportasi dengan pesawat Garda Nasional dan pesawat sewaan," bunyi pernyataan National Migration Institute, Selasa (28/1).

Sementara itu, 1.239 lainnya dipulangkan melalui darat dari negara bagian Chiapas dan Tabasco Selatan.

Baca juga: Serbu Wilayah Perbatan, Meksiko Usir Karavan Imigran

"Deportasi dilakukan sesuai dengan hukum migrasi dan dengan penuh penghormatan terhadap hak asasi manusia," lanjut pernyataan tersebut.

Pekan lalu, karavan imigran dari Guatemala memasuki Meksiko dengan tujuan Negeri Paman Sam. Gelombang imigran terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Imigran asal Guatemala dan Honduras berupaya melarikan diri dari kemiskinan ekstrem dan tindak kekerasan.

Meksiko menghadapi tekanan untuk menghalau imigran agar tidak melintasi perbatasan utara. Apalagi Meksiko mendapat ancaman dari Presiden AS, Donald Trump, yang akan menjatuhkan tarif ekspor jika Meksiko tidak mencegah lonjakan imigran dari Amerika Tengah.

Presiden Meksiko, Andreas Manuel Lopes Ovrador, mengerahkan sekitar 26.000 tentara ke perbatasan negara sebagai tanggapan terhadap gertakan Trump.(AFP/OL-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More