Selasa 28 Januari 2020, 17:55 WIB

Said Aqil Siroj Tuding HTI di Balik Sunda Empire

Tosiani | Politik dan Hukum
Said Aqil Siroj Tuding HTI di Balik Sunda Empire

MI/Tosiani
Ketua Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Ulama (NU) KH Said Aqil Siroj

 

KETUA Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Ulama (NU) KH Said Aqil Siroj menuding pihak Hisbut Tahrir Indonesia (HTI) ada di balik fenomena munculnya kerajaan Sunda Empire di Jawa Barat baru-baru ini.

"Yang jelas yang Jawa Barat itu jelas HTI. Kalau yang Purworejo saya tidak tahu," ujar Said Aqil di sela acara pelantikan pengurus cabang NU Kabupaten Temanggung di Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung, Selasa (28/1) Sore.

Terkait fenomena banyak bermunculan kerajaan-kerajaan di sejumlah daerah belakangan ini, Said menilai hal itu sebagai manifestasi masyarakat yang sedang sakit dan tanpa harapan. Mereka yang mengalami keputusasaan secara psikologis dan sosial cenderung mengharapkan, memimpikan munculnya ratu adil, satria piningit, dan Imam Mahdi.

"Masyarakat sedang sakit, ada hopeless, ada rasa minder. Orang kalau terdzolimi pasti mencari jalan keluarnya ratu adil, satria peningit, imam mahdi. Ya jadi ini karena keputusasaan," cetus Said Aqil.

Ditanya apakah febomena munculnya kerajaan itu sebagai ekspresi ketidakpuasan masyarakat pada pemerintah, Said Aqil membenarkannya. Ia menduga hal itu terjadi lantaran mereka ingin melawan, tapi tidak bisa dan tidak menemukan jalurnya untuk melawan, sehingga mewujudkan ketidakpuasan dengan mendirikan kerajaan baru.

"Ya tadi, mau melawan tidak bisa, tidak ada jalur untuk melawan, jadi nunggu untuk datang ratu adil, nunggu kedatangan satria paningit, menunggu kedatangan imam mahdi. Namun yang Sunda empire itu berbau HTI,"tandas Said.
(OL-2)

 

Baca Juga

Antara/renoEsnir

Terdakwa Kasus Jiwasraya Benny Tjokrosaputro Ajukan Banding

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 17:35 WIB
Permohonan banding Komisaris PT Hanson International itu sudah terdaftar dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri...
MI/Dwi Adam

Wapres: Demokrasi Jangan Cuma Formalitas

👤Emir Chairullah 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 16:08 WIB
“Kita perlu terus berupaya meningkatkan kualitas demokrasi untuk memastikan implementasinya semata-mata bukan hanya untuk...
Antara

Presiden: Indonesia Harus Tangkap Peluang Ekonomi Syariah

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 15:57 WIB
Pemerintah, kata Presdien, memiliki Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) yang ditujukan untuk mengakselerasi pertumbuhan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya