Selasa 28 Januari 2020, 17:49 WIB

BP BUMD Sebut Terpilihnya Donny Saragih Sudah Disetujui Anies

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
BP BUMD Sebut Terpilihnya Donny Saragih Sudah Disetujui Anies

ANTARA FOTO/Jafkhairi
Eks Dirut Transjakarta Donny Andy Saragih yang hanya menjabat tiga hari

 

SEKRETRAIS Badan Pembinaan BUMD Riyadi menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah setuju Donny Andy Saragih menjadi direktur utama PT Trans-Jakarta.

Riyadi menuturkan sebelumnya Mantan Direktur Operasional PT Ekasari Lorena Transport Tbk itu sudah lolos tes kompetensi. Setelah diperoleh persetujuan gubernur, Donny pun diangkat menjadi dirut lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa.

Belakangan setelah tahu Donny terlibat skandal penipuan, Donny pun dicopot.

"Sebelumnya kan kita buat laporan ke Pak Gubernur. 'Pak Gubernur ini calon yang ini kemarin lolos, disarankan hasil tesnya, hasil fit and proper test-nya disarankan.' Gubernur setuju, ya proses. Prosesnya apa, di-RUPS-kan pengesahannya," kata Riyadi di Balai Kota, Selasa (28/1).

Sementara itu, Riyadi menyebut Donny telah mengikuti seleksi direktur sejak Juli 2018 lalu. Para peminat posisi direktur utama PT Trans-Jakarta diperkenankan mengajukan lamaran kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Jika lamaran diterima, Anies akan mengajukan nama-nama pelamar ke BP BUMD untuk melalui serangkaian tes. Tesnya dilakukan dua kali yang pertama oleh tim independen sementara tes kedua dilakukan oleh tim panitia seleksi.

Salah satu anggota tim panitia seleksi diketahui adalah mantan komisioner KPK yang diduga adalah anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bambang Widjojanto.

"Jadi tesnya dua kali. Ada tes oleh konsultan dan tes oleh tim panitia seleksi. Nah dua-duanya lolos, yang kemarin kan (Donny)," jelas Riyadi.

Sementara itu, hingga saat ini posisi Dirut PT Trans-Jakarta dipegang oleh Yoga Adiwinarto sebagai Pelaksana Tugas. Yoga juga menjabat sebagai Direktur Bidang Teknik dan Fasilitas di BUMD tersebut.

"Ya kita akan buka tes dari awal lagi, seleksi dari ulang lagi. Kalau ada yang berminat silahkan. Kriterianya harus mengerti transportasi dan kepemimpinan. Karena selain harus mengelola transportasi juga harus mengelola ribuan karyawan," ungkapnya.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More