Selasa 28 Januari 2020, 10:00 WIB

Italia Berduka untuk Kobe Bryant

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Italia Berduka untuk Kobe Bryant

AFP/David McNew/Getty Images
Sebuah mural di Los Angeles, California menampilkan wajah Kobe Bryant dan putrinya Gianna.

KOBE Bryant adalah bintang bola basket NBA. Namun, dia terbentuk di Italia tempat dia menghabiskan tujuh tahun masa kecilnya.

Bryant mennggal dunia pada Minggu (26/1) saat helikopter yang ditumpanginya jatuh bersama putrinya yang berusia 13 tahun, Gianna.

Kematian mantan pebasket berusia 41 tahun itu membuat jutaan penggemarnya di dunia berduka dan mengejutkan rumah masa kecil Bryant, Italia.

"Olahraga Italia berduka. Kobe Bryant adalah putra Italia di segala aspek," ungkap Presiden Komite OIimpiade Italia Giovanni Malago.

"Dia tumbuh besar di Italia. Kami semua terpukul oleh kematiannya."

"Salah satu atlet paling hebat sepanjang masa. Selain berprestasi di olahraga, dia juga memenangkan Piala Oscar dan sangat peduli dengan isu-isu sosial," imbuhnya.

Bryant tinggal di Italia antara usia 6 tahun dan 13 tahun ketika ayahnya, mantan pemain NBA Joe 'Jellybean' Bryant bermain di klub bola basket 'Negeri Piza' itu. Hal itu membuat Bryant fasih berbahasa Italia.

Baca juga: Laga Lakers Hari Ini Ditunda

Keluarga Bryant pertama kali tinggal di Kota Rieti saat hijrah ke Italia. Mereka kemudoan pindah ke Reggio Calabria, Pistoria, dan Reggio Emilia.

Bryant menyebut Reggio Emilia merupakan awal dari perjalanan kariernya.

"Di kota itu adalah awal mimpi saya bermain di NBA dimulai," ujar Bryant.

Bryant terpilih lewat draft NBA selepas lulus SMA pada 1996.

"Dari sini saya belajar menjadi pemain basket," kata pemain yang memperkuat Los Angeles Lakers selama 20 tahun mengenai Italia.

Karenanya, klub bola basket Italia Pallacanestro Reggiana memasang foto Bryant saat bermain tim junior klub itu dengan teks, "Selamanya bagian dari kami."

"Kobe Bryant tumbuh besar di sini dan menjadi Reggiano bersama kami. Dia meninggalkam kita hari ini. Dia adalah seorang legenda yang akan selalu dikenang kota ini. Ciao Kobe," ujar Wali Kota Reggio Emilia, Luca Vecchi, di Facebook.

Vecchi kemudian mengumumkan bahwa sebuah alun-alun baru di kota itu akan diberi nama Piazza Kobe Brynat sebagai penghormatan untuk mendiang bintang NBA itu.

Bryant memang memiliki keterkaitan erat dan Italia dan kerap kembali ke negara itu, Empat putrinya juga diberi nama Italia termasuk Gianna Maria-Onore yang tewas bersama sang ayah dalam kecelakaan helikopter.

Ketiga anak Bryant lainnya adalah Natalia Diamante, 16, Bianka Bella, 3, dan Capri yang baru berusia tujuh bulan. (AFP/OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More