Selasa 28 Januari 2020, 08:15 WIB

Ada Apa Dengan Mereka

Ade Alawi Kepala News Research Center Media Group News | Politik dan Hukum
Ada Apa Dengan Mereka

MI/RAMDANI/SUSANTO; ANTARA/APRILLIO AKBAR/WAHYU PUTRO/PUSPA PERWITASARI
Menkeu Sri Mulyani(kiri), Menteri BUMN Erick Thohir, Menlu Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Mendikbud Nadiem Makarim.

 

LIMA menteri Kabinet Indonesia Maju pantas tersenyum di masa 100 hari pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Mereka ialah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nabiel Makarim.

Pasalnya, kementerian mereka menempati lima terbaik dari aspek kinerja berdasarkan Jajak Pendapat Suara Tokoh Publik di 34 Provinsi di Indonesia yang dilakukan News Research Center (NRC) Media Group News pada 13-19 Januari 2020.

Berdasarkan jajak pendapat yang diikuti 159 tokoh publik di 34 ibu kota provinsi, keempat kementerian itu mendapatkan nilai di atas 7. Perinciannya, Kementerian Luar Negeri meraih nilai 7,5, Kementerian Keuangan 7,35, Kementerian PU-Pera 7,35, Kementerian BUMN 7,17, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperoleh nilai 7.

Adapun kementerian yang berada di empat terbawah ialah Kementerian Ketenagakerjaan (6,35), Kementerian Hukum dan HAM (6,28), Kementerian Agama (6,23), dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (6,07).

Secara umum, pada 100 hari pertama pemerintahan Jokowi-Amin kinerja kementerian tidak terlalu kinclong. Nilainya masih berada pada C-plus (6,84).

Kendati demikian, narasumber jajak pendapat yang terdiri atas para tokoh publik dari berbagai bidang ini menilai optimistis (74,7%), sedangkan yang pesimistis (25,3%).

Narasumber diminta memberikan respons pesimistis atau optimistis atas pertanyaan dalam instrumen penelitian. Penilaian menggunakan scoring 1 sampai 10. Dari rentang angka itu, kami konversikan dalam 6 kelompok, yaitu sangat pesimistis (1-2), pesimistis (3-4), cenderung pesimistis (5), cenderung optimistis (6), optimistis (7-8), sampai sangat optimistis (9-10).

Sejumlah narasumber mengapresiasi kinerja Menlu Retno Marsudi. Mereka menilai Retno memiliki sikap tegas dalam menjaga kedaulatan negara di Natuna.

Menteri Keuangan Sri Mulyani dinilai cakap mengelola keuangan negara, Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono dinilai mumpuni di bidangnya.

Selain itu, Menteri BUMN Erick Thohir dengan gebrakannya 'bersih-bersih' perusahaan pelat merah juga mendapat sambutan positif. Terakhir, Mendikbud Nadiem Makarim dengan langkah berani menghapus ujian nasional meraih dukungan dari narasumber.

Kendati demikian, sejumlah narasumber juga meminta Presiden Jokowi lebih powerfull memimpin kabinet. Jokowi diharapkan tidak tersandera oleh partai politik yang mengusungnya. Bahkan, Presiden ke-7 RI itu diminta tidak ragu melakukan reshuffle para pembantunya yang tidak berkinerja baik.

Dalam menanggapi dominannya optimisme ketimbang pesimisme narasumber, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia Djayadi Hanan mengaku tidak heran dengan hasil jajak pendapat itu.

"Temuan ini tidak jauh berbeda dengan lembaga survei yang ada di kalangan masyarakat terkait 100 hari masa pemerintahan Jokowi-Amin," kata Djayadi dalam diskusi kelompok terarah (FGD) terkait hasil jajak pendapat NRC di Kompleks Media Group, Rabu (22/1).

Menurutnya, dalam lima tahun terakhir pembangunan infrastruktur merupakan sektor yang mendapat sorotan positif. "Masyarakat cenderung percaya pembangunan infrastruktur akan berlanjut," ujarnya. (Alw/X-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More