Selasa 28 Januari 2020, 08:30 WIB

Lurah dan Camat Ikut Optimalisasi Perolehan Pajak

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Lurah dan Camat Ikut Optimalisasi Perolehan Pajak

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Sejumlah warga penuhi Kantor Samsat Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan demi memperoleh keringanan pajak

 

BADAN Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta akan melanjutkan kerja sama dengan aparatur lurah dan camat dalam rangka optimalisasi penerimaan daerah 2020.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bapenda DKI Jakarta Sri Haryati mengatakan pihaknya sejak awal 2020 berupaya maksimal agar penerimaan 13 jenis pajak daerah tercapai sesuai target yang ditetapkan.

"Target penerimaan ke-13 jenis pajak daerah 2020 sebesar Rp50.l,1 triliun dan digunakan untuk membiayai sejumlah program pembangunan, layanan pendidikan (Kartu Jakarta Pintar), layanan kesehatan (Kartu Jakarta Sehat), peningkatan kesejahteraan warga Jakarta seperti Kartu Disabilitas, Kartu Lansia, dan lain-lain," ujar Sri, Senin (26/1), dalam keterangan resminya.

Sri yang juga menjabat sebagai Asisten Sekda Bidang Keuangan dan Perekonomian itu mengungkapkan Bapenda Provinsi DKI Jakarta akan bekerja sama dengan apartur lurah dan camat di lima wilayah kota serta kabupaten guna optimalisasi penerimaan ke 13 jenis pajak daerah tahun 2020.

Baca juga: Tilang Elektrik Sepeda Motor berlaku 1 Februari

Sebab, menurutnya, kerja sama dengan aparatur Wali Kota terbukti efektif sehingga penerimaan PBB P2 sejak beberapa tahun sebelumnya tercapai maksimal.

"Jadi, keterlibatan aparatur lurah dan camat lebih ditingkatkan sehingga penerimaan perjenis pajak daerah lainnya lebih optimal lagi di awal tahun 2020," tuturnya.

Untuk itu, lanjut Sri, pihaknya akan menyampaikan permohonan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah agar dikeluarkan instruksi kepada lurah dan camat dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak tahun 2020.

"Kami menargetkan di bulan awal 2020, kerja sama melibatkan aparatur lurah dan camat direalisasikan melalui intruksi Sekda sehingga warga menunaikan kewajiban pembayaran pajak sebelum akhir 2020," tambahnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More