Selasa 28 Januari 2020, 08:00 WIB

Jatim Gelar 445 Acara Pariwisata Sepanjang 2020

Rizky Noor Alam | Nusantara
Jatim Gelar 445 Acara Pariwisata Sepanjang 2020

ANTARA/Saiful Bahri
Pengunjung berolahraga di pantai wisata Jumiang, Pamekasan, Jawa Timur.

 

MEMASUKI 2020, Provinsi Jawa Timur meluncurkan East Java Calendar of Events 2020 yang berisikan jadwal atraksi budaya dan pariwisata dari seluruh kabupaten/kota di provinsi paling timur di Jawa tersebut.

Peluncuran kalender wisata tersebut diharapkan dapat menjadi magnet bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berwisata ke Jawa Timur.

Ada 445 acara budaya dan pariwisata yang akan digelar di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur yang terdiri dari berbagai bentuk baik festival maupun nonfestival.

Jika digolongkan lebih rinci, acaranya meliputi acara olahraga, musik, kuliner, tradisi dan keagamaan, pameran, dan lain sebagainya.

"Untuk saat ini, Jawa Timur memiliki acara pariwisata terbanyak dibandingkan provinsi lain dengan 445 acara," ungkap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Rizki Handayani dalam acara peluncuran East Java Calendar of Events 2020 di Surabaya, Senin (27/1) malam.

Baca juga: Virus Korona Bikin Agenda Turis Tiongkok di Sumbar Ambyar

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Kiki tersebut menjelaskan tujuh dari 445 acara Jawa Timur tersebut masuk pada 110 National Calendar of Events 2020.

Kiki menjelaskan, saat ini, orientasi pemerintah atas kunjungan wisatawan berubah, tidak lagi mengejar banyaknya jumlah wisatawan melainkan lebih kepada wisatawan yang berkualitas.

Para wisatawan berkualitas tersebut diharapkan dapat lebih lama tinggal di daerah wisata, sehingga membelanjakan semakin banyak uang.

"Pariwisata berkualitas itu dilihat dari devisanya dari pada jumlah wisatawannya. Kualitas tersebut dihasilkan oleh produk-produk yang baik sehingga memperpanjang lama tinggal wisatawan. Dan event atau festival adalah salah satu cara untuk mewujudkannya," imbuhnya.

Kiki menegaskan, sesuai keinginan Presiden Joko Widodo bahwa sektor pariwisata ke depannya dapst menjadi penyumbang devisa nomor satu, apalagi ditambah dengan potensi-potensi ekonomi kreatif yang ada maka hasilnya akan semakin luar biasa.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menambahkan provinsinya memiliki banyak sekali potensi wisata yang kaya. Misalnya Blue Fire yang hanya ada dua di dunia salah satunya di Ijen, Banyuwangi dan Pulau Giliyang di Madura yang merupakan pulau dengan kadar oksigen terbaik di dunia selain Yordania.

"Jalur Pantai Selatan Jawa Timur juga menyimpan banyak potensi yang cocok dijadikan lokasi wisata dan olahraga air dan jika aksesnya sudah terbuka akan memudahkan untuk dikunjungi," jelas Khofifah.

Ke depan, Khofifah berharap Kerajaan Majapahit yang dahulu pernah berjaya dapat menjadi inti dari setiap eksplorasi budaya dan wisata di Jawa Timur.

"Tahun depan kita akan fokuskan Majapahit menjadi core issues bagi seluruh proses eksplorasi budaya dari Bumi Majapahit. Sehingga Jawa Timur bisa menjadi gravitasi baru dari seluruh potensi wisata di negeri kita," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

AFP

Kota Yogyakarta Mampu Tanggani Covid-19, Belum Butuh PSBB

👤Ardi Teristri Hardi 🕔Senin 06 April 2020, 12:50 WIB
KOTA Yogyakarta belum perlu mengambil kebijakan dengan menambah protokol penanganan korona (Covid-19) melalui Pembatasan Sosial Berskala...
dok pemprov jatim

Khofifah Pompa Semangat Awak Medis yang Tangani Covid-19

👤Aries Wijaksena 🕔Senin 06 April 2020, 12:21 WIB
Total saat ini ada 38 pasien positif covid-19 di Jatim yang dinyatakan...
MI/Martnus Solo

Pemkot Sorong Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah Covid-19

👤Martinus Solo 🕔Senin 06 April 2020, 12:05 WIB
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Sorong, Papua Barat, telah menyiapkan lahan seluas 15 hektar khusus pasien yang meninggal akibat terpapar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya