Senin 27 Januari 2020, 23:18 WIB

Stadion Papua Bangkit Wujudkan Indonesiasentris

Syarief Oebaidillah | Olahraga
Stadion Papua Bangkit Wujudkan Indonesiasentris

Dok. Kemenko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendy Meninjau Stadion Papua Bangkit

JELANG perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020, sejumlah fasilitas dan sarana prasarana telah hampir selesai dibangun.

Salah satunya Stadion Papua Bangkit yang sudah 100% rampung dan siap untuk dipakai sebagai tempat pembukaan dan penutupan ajang pesta olahraga terbesar nasional tersebut.

Pembukaan PON XX Papua 2020 dijadwalkan akan berlangsung pada 20 Oktober, sedangkan penutupan akan diselenggarakan pada 2 November mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, Stadion Papua Bangkit juga digadang sebagai wujud nyata dari realisasi mimpi besar dan gagasan besar Presiden Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari timur.

"Stadion berstandar internasional ini mudah-mudahan bisa mendukung realisasi dari mimpi besar mengubah Jakartasentris dan Jawasentris menjadi Indonesiasentris," ujarnya saat meninjau langsung kesiapan Stadion Papua Bangkit di Jayapura, Papua.

Baca juga : Pembangunan Venue PON Papua Diyakini Tepat Waktu

Menurut dia, untuk mengubah poros pembangunan dari Jakartasentris dan juga Jawasentris menjadi bergeser ke Indonesiasentris mesti dapat dilakukan antara lain melalui pembangunan fasilitas olahraga bertaraf internasional seperti Stadion Papua Bangkit.

Pembangunan Stadion Papua Bangkit dan juga pelaksanaan PON XX Papua 2020 diharapkan mampu membuka peluang untuk menjadikan pusat perekonomian dan peradaban wilayah timur Indonesia. Seiring terbukanya poros pembangunan antara Ibukota baru Kalimantan Timur dengan wilayah Papua.

"Kita tahu problem Indonesia adalah ketimpangan spasial antara wilayah timur dan wilayah barat. Dengan dibangunnya fasilitas olahraga yang luar biasa ini bukan hanya jadi kebanggaan tetapi juga mempercepat pembangunan untuk mengejar ketertinggalan di wilayah timur," tegas Muhadjir.

Ia pun mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bersama kementerian dan pihak-pihak terkait yang telah sukses membangun Stadion Papua Bangkit dalam kurun waktu tiga tahun.

Stadion Papua Bangkit dirancang dan dibangun dengan standar seperti Amsterdam Arena yang menggunakan rumput Italia dengan kapasitas tribun mencapai 42 ribu.

 Rencananya, stadion termegah kedua setelah Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta itu akan didaftarkan ke FIFA sebagai lapangan internasional.

Baca juga : Voli DKI Diharap Berjaya di PON 2020

"Nanti kalau ada event-event internasional kita ngga perlu repot, kita bisa menawarkan ini," ucap Muhadjir.

Selain melihat langsung kemegahan Stadion Papua Bangkit, Muhadjirjuga meninjau beberapa lokasi diantaranya arena akuatik, istora, arena menembak indoor, serta arena hockey, lapangan kriket, dan wisma atlet di Distrik Doyo Baru.

"Bersama-sama tim melihat langsung dan kondisinya progresnya menurut saya sudah sangat meyakinkan dan semuanya sudah dirancang dengan standar internasional. Mudah-mudahan lapangan yang tersedia ini nanti tidak hanya termanfaatkan selama PON, tapi yang lebih penting menurut saya adalah digunakan pasca PON-nya agar nanti ini akan menjadi pusat kegiatan hockey dan kriket tidak hanya bertaraf nasional tapi bertaraf internasional," ungkap Muhadjir

Kepala Pusat PSP Pendidikan, Olahraga, dan Pasar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Iwan Suprijanto menambahkan, pihaknya akan membangun infrastruktur jalan ke arah Kampung Harapan yang merupakan lokasi arena renang, istora, menembak dan panahan, juga Stadion Papua Bangkit.

"Kalau yang ke arah Doyo Baru tanggung jawab Pemprov Papua. Kementerian PUPR untuk yang ke Kampung Harapan. Itu sesuai amanat Inpres 10/2017 yang kemudian ditegaskan dalam Inpres No. 1/2020," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

AFP/Geoff Caddick]

Pulev akan Sumbangkan Honor Bertarung untuk Paramedis

👤Antara 🕔Senin 06 April 2020, 11:30 WIB
Petinju Bulgaria berusia 38 tahun itu diperkirakan bakal mendapatkan bayaran sekitar US$5 juta dari pertarungan melawan Anthony Joshua yang...
AFP/RODRIGO ARANGUA

Bos Mclaren Sebut Tim F1 Dalam Kondisi Rapuh

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 06 April 2020, 10:50 WIB
Bos McLaren, Zack Brown mengatakan saat ini kondisi Formula 1 (F1) dalam situasi krisis di tengah pandemi virus...
AFP/William WEST

Leclerc Juarai Seri Kedua Balapan Virtual Formula 1

👤Antara 🕔Senin 06 April 2020, 09:59 WIB
Leclerc memimpin balapan virtual itu sejak start hingga finis 14,094 detik di depan pembalap junior Renault asal Denmark Christian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya