Senin 27 Januari 2020, 23:05 WIB

Dewas Dipilih Pansel, KPK Pastikan Tetap Independen

Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum
Dewas Dipilih Pansel, KPK Pastikan Tetap Independen

Antara/M. Risyal Hidayat
Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri

 

PELAKSANA tugas (Plt) juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengungkapkan independensi KPK tidak akan terpengaruh terkait pemilihan Dewan Pengawas lewat panitia seleksi.

Independensi KPK, katanya, sudah termaktub dalam Pasal 3 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Saya pikir sudah jelas ya, kalau soal indepedensi kan jelas Pasal 3. Tetapi begini, terkait aturan Dewas, secara struktural dan tata pengangkatan dan sebagainya kan sudah tertuang seperti itu, ya kita laksanakan seperti itu," ujarnya di Gedung KPK Jakarta (27/1).

Sebelumnya, beberapa pihak menghawatirkan independensi KPK akan luntur terkait penerbitan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pengangkatan Ketua dan Anggota Dewas KPK. Dalam beleid itu, pemilihan Dewas KPK periode berikutnya akan disaring melalui pansel.

Ali juga tidak menutup mata adanya anggapan tersebut. Namun ia memastikan bahwa independensi KPK tetap terjaga.

Baca juga : Pemilihan Dewas Berikutnya Dilakukan Pansel

"Tetapi begini, mengenai indepedensi, kemudian ada beberapa hal dianggap nanti akan lebih melemahkan menurut sebagian orang kan?" sambungnya.

KPK, menurutnya, juga dilibatkan dalam pembahasan beberapa peraturan yang disebut-sebut bakal melemahkan kpk. Dalam pembahasan itu, KPK mengajukan beberapa usulan untuk meminimalisir resiko terkait independensi KPK.

"Tentunya terkait Kepres dan RPP, kita di KPK ikut dilibatkan untuk membahas itu, yang kemudian kita juga usulkan beberapa hal yang meminimalisir terkait indepedensi KPK," tegasnya.

KPK juga mengajukan beberapa usulan terkait independensi agar KPK tetap seperti yang diamanatkan dalam Pasal 3 UU 19/2019.

"Jadi jelas kita acuannya di Pasal 3 UU KPK, bagian indepedensi kita diskusikan, kita kaji lebih lanjut aturan-aturan turunannya yang mencerminkan indepedensi KPK masih tetap ada," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Dok.MI/Rommy Pujianto

Nurhadi Ingin Cepat Sampai ke Pembuktian

👤Tri/P-2 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 05:19 WIB
Nurhadi melalui Rezky telah menerima uang dari Hiendra Soenjoto seluruhnya sejumlah...
 MTVN/Yogi Bayu Aji

KPK Optimistis bakal Temukan Harun Masiku

👤Dhk/P-2 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 05:13 WIB
Evaluasi dilakukan termasuk mengenai informasi yang diperoleh tim KPK dan lokasi-lokasi yang pernah didatangi. KPK juga mengevaluasi...
DOK MI CAROLLI HUTAMA GANI

Banyak Gangguan, Joko Tjandra Minta Sidang Luring

👤Tri/P-2 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 05:06 WIB
Selama ini, Joko Tjandra mengikuti jalannya persidangan dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Salemba, Jakarta Pusat. Ia ditahan dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya