Selasa 28 Januari 2020, 02:00 WIB

Dunia Berduka untuk Kobe

Akmal Fauzi | Olahraga
Dunia Berduka untuk Kobe

(Photo by Apu GOMES / AFP)
Orang-orang berkumpul di sekitar peringatan sementara untuk mantan NBA dan pemain Los Angeles Lakers Kobe Bryant setelah mengetahui kematian

HELIKOPTER Sikorsky S-76B yang membawa legenda basket AS dan klub Los Angeles Lakers, Kobe Bryant, 41, dan putri keduanya, Gianna Maria-Onore Bryant, 13, bertolak dari Bandara John Wayne pada Minggu (26/1), pukul 09.06 waktu setempat.

Kobe Bryant menggunakan helikopter untuk menuju Mamba Sports Academy, tempat latihan miliknya di California. Nahas, cuaca buruk diduga menyebabkan helikopter jatuh dan menewaskan sembilan orang, termasuk Bryant dan sang putri.

Kepolisian LA menerima laporan terjadi kecelakaan pada pukul 10.00 waktu setempat di wilayah Calabasas. Puing dan kebakaran akibat kecelakaan itu seluas 2.500 meter persegi. Kecelakaan tersebut berada di medan terjal.

Suasana duka pun merebak dari Mamba Sport Academy hingga menjalar ke seluruh penjuru jagat. Pemain berjuluk 'si Mamba Hitam' dengan rentang prestasi dua dekade bersama LA Lakers--berhiaskan lima trofi NBA serta dua medali emas Olimpiade--membuat dunia berduka.

Markas LA Lakers di Staples Center, kemarin, diserbu khalayak. Dari karangan bunga dukacita, lilin yang dinyalakan, hingga ungkapan kesedihan atas berpulangnya bintang basket dunia itu.

Jejak terakhir Bryant bersama Gianna yang punya bakat basket menyaksikan langsung pertandingan NBA yang mempertemukan Brooklyn Nets vs Atlanta Hawks di Barclays Center, New York, akhir Desember lalu.

Bahkan, kurang dari 24 jam sebelum Bryant meninggal, dia juga mengucapkan selamat kepada juniornya di LA Lakers, LeBron James, yang berhasil menggeser posisinya sebagai pemegang catatan pengumpul poin terbanyak ketiga di NBA.

Seiring kabar meninggalnya Bryant, penghormatan pun mengalir tak berhenti. Mantan Presiden AS Barack Obama merupakan salah satu yang menyampaikan rasa kehilangannya. Ia menyampaikan belasungkawanya atas kepergian legenda basket dan putrinya.

Menginspirasi

Duka juga dirasakan legenda basket lain, seperti Shaquille O'Neal, rekan setimnya saat menjadi juara dua kali bersama LA Lakers, serta legenda Chicago Bulls, Michael Jordan.

King James--julukan LeBron James--tidak kuasa menahan tangis atas kepergian Bryant. "Dia yang menginspirasi saya," tutur James mewakili generasi pemain saat ini yang menjadikan Bryant panutan, seperti James Harden, Jayson Tatum, Stephen Curry, serta Draymond Green.

Central Board of FIBA (Federasi Basket Internasional), Erick Thohir, dalam keterangan tertulisnya, kemarin, mengatakan turut berduka atas kejadian itu. Dia mengaku kaget mendengar berita kepergian pemain idolanya itu. "Sebuah kehilangan yang sangat atas kepergiannya," kata Erick yang juga Menteri BUMN.

Di belahan dunia lain, bintang sepak bola Neymar juga memberikan penghormatan dengan mendedikasikan gol keduanya ke gawang Lille pada laga Liga Prancis, kemarin dini hari, untuk mendiang Bryant. Saat mencetak gol, Neymar melakukan selebrasi dengan memberikan isyarat tangannya menunjukkan angka 24 yang merupakan nomor punggung Bryant, selain kostum bernomor 8.

"Sangat sedih mendengar berita memilukan tentang kematian Kobe dan putrinya, Gianna. Kobe adalah legenda sejati dan inspirasi bagi banyak orang," tulis bintang sepak bola Juventus, Cristiano Ronaldo, di akun Instagram-nya.

Sebagai bentuk rasa duka dan penghormatan kepada Bryant, seluruh pertandingan NBA yang digelar, kemarin, memberikan atribut untuk 'the Black Mamba'. Di Madison Square Garden, New York, layar raksasa menampilkan gambar Bryant yang bertuliskan: "Kobe Bryant, 1978-2020." (Berbagai sumber/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More