Senin 27 Januari 2020, 22:04 WIB

Virus Korona Diprediksi Pukul Ekonomi Tiongkok dan Kawasan

Faustinus Nua | Ekonomi
Virus Korona Diprediksi Pukul Ekonomi Tiongkok dan Kawasan

ANTARA
Warga melintas di dekat jeruk impor yang dijual di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Senin (27/1/2020).

 


Kepala Ekonomi Bank Mandiri Andry Asmoro menilai dampak penyebaran virus korona bisa mempengaruhi ekonomi Tiongkok dan negara-negara kawasan termasuk Indonesia.

Menurut Andry, sebelum adanya kasus virus baru tersebut, pertumbuhan ekonomi negeri Tirai Bambu itu sendiri sudah diprediksi akan terus menurun.

"Jadi tahun ini ekspektasinya di bawah 6%, ya sekitar 5,8%-6%. Tahun 2021 juga terus turun. Jadi tanpa coronavirus pun ekspektasinya terus turun. Nah lagi-lagi tadi skenarionya, kalau cepat ditangani sih Tiongkok gak akan hard landing," ungkapnya di Jakarta (27/1).

Andru menjelaskan dampak penyebaran virus terhadap perekonomian suatu negara dan kawasan sekitarnya pernah terjadi sebelumnya seperti penyebaran virus SARS, flu burung, dan lain-lain. Namun, hal itu bisa diatasi dengan cepat, sehingga tidak berpengaruh signifikan.

Untuk saat ini, lanjutnya dampak penyebaran virus korona sendiri sudah mulai terasa di Tiongkok. Warganya pun diberitakan takut untuk keluar rumah, sehingga roda ekonomi tidak berjalan sebagaimana mestinya.

"Mungkin yang perlu diperhatikan adalah kalau misalnya tak ditangani baik di Tiongkok-nya, second round effect ke negara-negara lainnya. Misalnya penduduk dari negara sekitarnya Vietnam, Singapura, ASEAN, makin hati-hati bertransaksi. Itu berdampak," imbuhnya.

Andry menambahkan, sejauh ini untuk ekspor dan impor antara Indonesia - Tiongkok masih berjalan normal. Namun, pemerintah Indonesia sendiri sudah meningkatkan kewaspadaan. Bukan tidak mungkin hal itu akan berdapak pada perdagangan kedua negara ke depan.

Adapun terkait investasi di pasar modal, meski ada sentimen negatif terhadap situasi ekonomi Tiongkok, dinilai masih normal. "Menurut saya sih belum berpengaruh ke portofolio investment yang masuk ke Indonesia".(E-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fauzan

Ekonomi AS Mulai Membaik, Harga Emas Turun Tipis

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 06:57 WIB
Namun penurunan emas tertahan di tengah meningkatnya gesekan antara Washington dan Beijing, protes di Amerika Serikat atas rasisme, serta...
Johannes EISELE / AFP

Wall Street Dibuka Tergelincir di Tengah Kerusuhan Sipil di AS

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 06:25 WIB
Indeks Dow Jones Industrial Average anjlok 106,48 poin atau 0,42 persen menjadi 25.276,63. Indeks S&P 500 merosot 6,97 poin atau 0,23...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

SK Lokasi Pelabuhan Blok Masela Diterbitkan

👤Suryani Wandari Putri 🕔Selasa 02 Juni 2020, 05:35 WIB
Sejauh ini calon pembeli dari gas yang dihasilkan dari Blok Masela masih PLN dan Pupuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya