Selasa 28 Januari 2020, 01:45 WIB

Kedubes AS di Irak diserang Roket

(AFP/Rif/X-11) | Internasional
Kedubes AS di Irak diserang Roket

(Said KHATIB / AFP)
Ilustrasi serangan roket.

 

TIGA roket menghantam kedutaan besar Amerika Serikat di Baghdad, Irak, Minggu (26/1). Serangan itu merupakan yang pertama mengenai langsung gedung Kedubes AS di Baghdad.

Salah satu roket menghantam kafetaria kedutaan pada waktu makan malam, sedangkan dua lainnya mendarat di dekatnya.

Sejumlah laporan menyebut setidaknya satu orang terluka akibat serangan roket, tetapi tidak jelas apakah korban tersebut ialah warga negara AS ataukah anggota staf Irak yang bekerja di sana.

Serangan itu menandai eskalasi berbahaya dalam serangan roket untuk beberapa bulan terakhir yang menargetkan kedutaan atau pangkalan militer Irak tempat pasukan AS dikerahkan.

Tidak ada yang mengklaim serangan itu, tetapi Washington berulang kali menyalahkan faksi militer yang didukung Iran di Irak sebagai pelakunya.

Perdana Menteri Irak, Adil Abdul Mahdi, dan Ketua Parlemen Irak, Mohammed Halbusi, mengutuk insiden tersebut dan mengatakan hal itu berisiko menyeret Irak ke dalam perang.

Sementara itu, Amerika Serikat mendesak Irak untuk melindungi kedutaannya.

Satu bulan lalu, serangan roket menewaskan seorang kontraktor Amerika di Irak utara. Sebagai balasan, AS menyerang Kataeb Hezbollah, sebuah faksi bersenjata garis keras Irak, dan menewaskan 25 anggota Hezbollah. (AFP/Rif/X-11)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More