Senin 27 Januari 2020, 21:55 WIB

Unibos Kembangkan Biopori dan Komposter Rumahan untuk Warga

Retno Hemawati | Nusantara
Unibos Kembangkan Biopori dan Komposter Rumahan untuk Warga

MI/Adam Dwi
Personel TNI mengikuti pelatihan pembuatan lubang biopori atau resapan air di halaman Mabes TNI, Cilangkap.

 

UNIVERSITAS Bosowa (Unibos) bersama Bosowa Peduli membantu kelompok masyarakat dalam mengembangkan biopori dan komposter rumahan. Kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut program Bosowa Sustainable Project yaitu Makassar Memilah Sampah dan Sekolah Sampah, Dosen Unibos bersama Bosowa Peduli yang telah berjalan selama ini. "Selain kita ingin masyarakat mandiri dalam melaksanakan program yang kami harap dapat berkelanjutan ini, kami juga ingin membantu masyarakat untuk lebih prihatin terhadap kondisi lingkungan," kata Ketua Bosowa Peduli Marini di Makassar, Senin (27/1).
  
Kelompok masyarakat tersebut merupakan para warga dari delapan kelurahan yang ada di Kecamatan Manggala yang akan melaksanakan program peduli lingkungan dengan membuat biopori rumahan dan komposter rumahan. Ia menambahkan, dengan biopori rumahan diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya banjir termasuk dampak yang ditimbulkan. Begitupun komposter rumahan untuk mengurangi dampak dari limbah organik. "Di sini kami juga fokus mengajak masyarakat untuk lebih bisa memilah sampah mana yang dapat menghasilkan peningkatan ekonomi dan limbah mana yang dapat diolah kembali untuk menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat," lanjut dia.

Baca juga : Jaga Ketersediaan Air Tanah dengan Biopori
  
Rektor Unibos Prof Saleh Pellu mengatakan sambil fokus menyukseskan program Makassar memilah sampah ini, Unibos juga akan berfokus pada sekolah sampah. "Di program ini kita berharap dapat memberikan perubahan mindset masyarakat tentang inovasi pengelolaan sampah dan bagaimana lingkungan dapat lebih baik dimulai dari kita," tutupnya (Ant/OL-12)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More