Senin 27 Januari 2020, 19:29 WIB

Awas, Main Hape Sambil Nyetir Motor, Bisa masuk Penjara

Tri Subarkah | Megapolitan
Awas, Main Hape Sambil Nyetir Motor, Bisa masuk Penjara

MI/Ramdani
Ilustrasi pengendara motor menggunakan ponsel sambil berkendara

 

DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan secara resmi memberlakukan penindakan sistem tilang elektronik (E-LTE) terhadap pengendara sepeda motor pada 1 Februari mendatang. Salah satu pelanggaran yang akan disasar adalah pesepeda motor yang memainkan ponsel saat berkendara.

"(Pesepeda motor) yang nyetir sambil main (ponsel) kena, sambil jalan sambil ngetik-ngetik kena," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf di Polda Metro Jaya, Senin (27/1).

Hukuman para pelanggar dapat berupa denda maupun penjara. Menurut Kepala Sub Direktorat Penindakan Hukum Dirlantas PMJ Kompol Fahri Siregar, pesepeda motor yang menggunakan ponsel saat berkendara akan terganggu konsentrasinya.

"Orang yang terganggu konsentrasinya, misalkan menggunakan handphone itu diancam dengan kurungan tiga bulan dengan denda maksimal Rp750 ribu," ungkap Fahri.

Baca juga : Catat ! Tilang Elektronik Bagi Pemotor Berlaku Akhir Pekan Ini

Hal tersebut sesuai dengan bunyi Pasal 283 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum. Namun, pasal tersebut tidak hanya ditujukan untuk pengendara sepeda motor saja, melainkan, "Semua orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor."

Menurut Yusuf, apabila pesepeda motor ingin memainkan ponselnya, maka mereka harus menepi terlebih dahulu agar tidak terkena tilang elektronik.

Selain menggunakan ponsel saat berkendara, pesepeda motor yang tidak menggunakan helm akan terancam kurungan satu bulan dengan denda maksimal Rp250 ribu. Sedangkan pelanggar marka jalan akan didenda maksimal Rp500 ribu dengan ancaman kurungan dua bulan. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More