Senin 27 Januari 2020, 19:19 WIB

Kemenkes Harus Beri Pernyataan Soal Korona Agar Publik tak Panik

Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora
Kemenkes Harus Beri Pernyataan Soal Korona Agar Publik tak Panik

MI/Ramdani
Ketua DPR RI Puan Maharani

 

KETUA DPR Puan Maharani meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membuat pernyataan resmi terkait virus korona yang tengah mewabah di Wuhan, Tiongkok. Dengan begitu, masyarakat tidak akan panik dan bisa mengetahui lebih baik cara-cara pencegahan yang harus dilakukan.

"Untuk mengatasi kesimpangsiuran informasi, pemerintah dalam hal ini kementerian kesehatan, perlu membuat pernyataan tentang data sebenarnya, sekaligus memberi keyakinan dengan menunjukkan pada masyarakat bahwa pemerintah bekerja untuk mencegah masuknya virus korona," ujar Puan dalam keterangannya, Senin (27/1).

Puan mengatakan, pemerintah harus meningkatkan kewaspadaan dan tidak bertindak business as usual terhadap isu virus tersebut. Upaya pencegahan harus dimaksimalkan, termasuk memastikan persiapan maksimal alat dan tenaga medis.

"Kementerian kesehatan bersama instansi terkait perlu menjelaskan protokol-protokol pencegahan virus corona masuk ke wilayah RI serta penanggulangannya bila virus itu sudah masuk ke wilayah RI," imbuhnya.

Baca juga: Virus Korona Tidak Ganggu Ekspor Indonesia ke Tiongkok

Pemerintah juga harus segera menyusun dan mensosialisasikan langkah-langkah pencegahan dan penanganan virus korona ke pemda-pemda sesuai protokol pencegahan dan penanganan nasional. Itu dianggap penting karena banyak warga dan turis dari negara-negara yang sudah mengidentifikasi adanya kasus virus korona.

"Protokol pencegahan termasuk ditinjau apakah perlu atau dalam kondisi apa dianggap perlu ada larangan bagi warga atau orang yang baru mengunjungi Tiongkok agar dilarang masuk wilayah RI untuk sementara," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Pexels.com/Medcom.id

Supaya Psikis Anak Tetap Terjaga

👤Wan/SS/N-2 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 05:57 WIB
Ibarat naik pesawat, yang pertama menggunakan bantuan oksigen ibu dulu, baru anak. Di masa pandemi, orangtua dulu yang dikuatkan sehingga...
Medcom.id

Pemerintah Kebut Penyusunan Prioritas Vaksinasi

👤Ykb/Nur/AFP/E-3 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 04:54 WIB
Semakin cepat dapat data, semakin cepat kita susun data...
Ilustrasi

Tingkatkan Literasi Media, Kemendikbud Gandeng Maarif Institute

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 04:28 WIB
Literasi media merupakan kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan merekonstruksi citra di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya