Senin 27 Januari 2020, 12:09 WIB

Peserta PKH di Solo Tambah 525 Keluarga Penerima Manfaat

Ferdinand | Nusantara
Peserta PKH di Solo Tambah 525 Keluarga Penerima Manfaat

MI/FERDINAND
Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo saat memberikan kartu keluarga sejahtera secara simbolis di Pendopo Gede, Surakarta, Senin (27/1/2020)

 

JUMLAH peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Surakarta, Jawa Tengah, bertambah 525 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mengingatkan bahwa PKH bukan untuk seumur hidup. Oleh karena itu KPM harus bisa memanfaatkannya untuk mewujudkan kemandirian ekonomi.

"Kalau sudah mandiri, jangan lagi jadi peserta PKH. Saya ingatkan kalau sudah mampu jangan mengaku miskin," tegasnya saat menyerahkan buku tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada perwakilan KPM PKH baru di Pendapa Gede, Balai Kota Surakarta, Senin (27/1).

Sampai Januari 2020 ini, total peserta PKH di Kota Surakarta tercatat 15.711 KPM. Angka tersebut mengalami penurunan sebanyak 172 KPM bila dibandingkan 2019, yakni 15.883 KPM. Rudy berharap, ke depan jumlah peserta PKH terus menurun dengan semakin banyaknya KPM yang mencapai kemandirian setelah mendapatkan pendampingan. Dia juga berharap KPM telah berhasil mandiri agar ikut membantu peserta PKH yang lain.

Untuk memastikan bantuan sosial itu tepat sasaran, Pemerintah Kota Surakarta akan melakukan kunjungan lapangan secara berkala. Dia juga meminta agar pendamping secara rutin memberikan laporan pendampingan, supaya perkembangan KPM bisa diketahui.

baca juga: Dua RS di Banyumas Siap Jadi Rujukan Pasien Virus Corona

Kepala Dinas Sosial Kota Surakarta, Tamso mengatakan, proses penyaluran PKH terus diperbaiki. Salah satunya terkait pendataan dan sinkronisasi data, sehingga betul-betul tepat sasaran.

"Tahun ini yang mengajukan diri sebagai calon peserta ada 5.853 KPM. Setelah sinkronisasi data yang diputuskan berhak sebanyak 2.185 KPM termasuk 525 KPM baru," katanya. (OL-3)

 

Baca Juga

AFP

Kota Yogyakarta Mampu Tanggani Covid-19, Belum Butuh PSBB

👤Ardi Teristri Hardi 🕔Senin 06 April 2020, 12:50 WIB
KOTA Yogyakarta belum perlu mengambil kebijakan dengan menambah protokol penanganan korona (Covid-19) melalui Pembatasan Sosial Berskala...
dok pemprov jatim

Khofifah Pompa Semangat Awak Medis yang Tangani Covid-19

👤Aries Wijaksena 🕔Senin 06 April 2020, 12:21 WIB
Total saat ini ada 38 pasien positif covid-19 di Jatim yang dinyatakan...
MI/Martnus Solo

Pemkot Sorong Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah Covid-19

👤Martinus Solo 🕔Senin 06 April 2020, 12:05 WIB
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Sorong, Papua Barat, telah menyiapkan lahan seluas 15 hektar khusus pasien yang meninggal akibat terpapar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya