Senin 27 Januari 2020, 12:02 WIB

Dua RS di Banyumas Siap Jadi Rujukan Pasien Virus Corona

Lilik Darmawan | Nusantara
Dua RS di Banyumas Siap Jadi Rujukan Pasien Virus Corona

ANTARA
Ilustrasi

 

DUA rumah sakit (RS) di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) siap menjadi rujukan pasien yang terinfeksi virus korona. Dua RS itu adalah RSUD Margono Soekarjo Purwokerto yang merupakan milik Provinsi Jateng, serta RSUD Banyumas yang merupakan milik Pemkab Banyumas. Kepala Dinas Kesehatan (DInkes) Banyumas Sadiyanto mengatakan ada dua RS yang telah siap menyediakan ruangan isolasi bagi pasien yang terinfeksi virus korona.

"Kedua RS yang telah siap adalah RSUD Margono Soekarjo yang merupakan milik dari Pemprov Jateng. Sedangkan untuk Pemkab  Banyumas, menyiapkan ruang isolasi di RSUD Banyumas. Pemkab masih mempunyai satu lagi RS yakni RSUD Ajibarang, tetapi sifatnya hanya siap saja, bukan merupakan RS rujukan," jelas Sadiyanto kepada Media Indonesia
pada Senin (27/1).

Menurut Sadiyanto, ada dua ruang isolasi yang telah disiapkan di RSUD Banyumas, jika ada pasien atau suspect pasien terinfeksi virus korona.

"Kedua ruang isolasi sudah disiapkan. Sebagai bentuk antisipasi dan telah siap menjadi rujukan pasien," ujarnya.

Ia mengatakan sejauh ini, belum ada laporan atau pasien di Banyumas yang terinfeksi virus corona. Meski demikian, masyarakat harus tetap waspada, tapi tidak boleh panik. Bentuk kewaspadaan yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci tangan memakai sabun pada air yang mengalir, tutup mulut saat bersin atau batuk dan konsumsi makanan bergizi.

baca juga: Orangtua Mahasiswa Cemaskan Anaknya yang Studi di Wuhan

Jika ada yang mengalami gejala demam, batuk, sesak, dan gangguan pernafasan, serta mempunyai riwayat berpergian ke Tiongkok, Jepang, Korea, dan Thailand dalam waktu 14 hari sebelum timbul gejala, maka harus segera ke RS rujukan. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More