Senin 27 Januari 2020, 09:28 WIB

Komisi I DPR Minta Pemerintah Memastikan Evakuasi WNI di Wuhan

Thomas Harming Suwarta | Humaniora
Komisi I DPR Minta Pemerintah Memastikan Evakuasi WNI di Wuhan

Istimewa
Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani.

 

KOMISI I DPR RI meminta pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk segera memastikan rencana evakuasi terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Wuhan.

Pemerintah Tiongkok melakukan pembatasan akses transportasi masuk dan keluar Wuhan terkait penyebaran virus korona yang mematikan. DPR menuntut langkah cepat dan tepat dari pemerintah untuk segera melakukan evakuasi.

"Jika kita cermati perkembangan terakhir terkait virus corona ini maka pemerintah harus bisa mengambil langkah yang cepat dan tepat. Jika langkah evakuasi diambil maka upaya ke sana harus segera dipikirkan terutama di tengah kondisi terisolasinya Wuhan," kata Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/1).

Baca juga Prancis Evakuasi Warganya dari Wuhan Minggu Ini

Diketahui saat ini beberapa negara seperti Amerika, Prancis, Jepang, dan Srilanka sudah mengambil langkah evakuasi terhadap warganya yang ada di Wuhan.

"Amerika sendiri mereka menggunakan pesawat charteran, Perancis memilih upaya karantina maka tentu Indonesia juga harus punya opsi dan langkah-langkah terkait itu," lanjut Christina.

Menurut politikus Golkar tersebut, langkah cepat dan tepat dalam proses evakuasi sangat dibutuhkan mengingat dampak virus ini dengan kemampuannya menginfeksi berbagai spesies hewan sebelum kemudian menyebar dan menyebabkan penularan antarmanusia.

"Ini memang harus segera dipikirkan mengingat pemindaian di airport atau pelabuhan tidak selamanya efektif dikarenakan tidak semua yang sudah terpapar langsung menunjukkan gejala penyakit ini," kata Christin.

"Kita ketahui bersama bahwa masa inkubasi virus bervariasi dari 2-14 hari. Maka membiarkan WNI kita tetap berada di sana sama saja dengan membiarkan mereka menunggu giliran terinfeksi," ungkap Christina.

Selain memastikan proses evakuasi pemerintah juga perlu mempertimbangkan larangan masuk bagi wisatawan asal Tiongkok hingga permasalahan menyangkut penyebaran virus bisa ditangani lebih baik.

"Kita berharap agar semua upaya yang tengah dilakukan saat ini bisa memastikan perlindungan bagi WNI kita yang ada di sana dan tentu masyarakat di Indonesia sendiri," pungkas Christina. (OL-09)

Baca Juga

Antara

Kemenkes: Isolasi Diri Menjaga Jarak Fisik

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 06 April 2020, 13:25 WIB
Menurut Achmad Yurianto isolasi diri bukan berarti diasingkan, melainkan dalam konteks menjaga jarak...
MI/Sumaryanto Bronto

Reza Rahadian Peduli UMKM yang Terdampak Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 12:53 WIB
Kendati seorang aktor, Reza Rahadian sangat peduli dengan kondisi UMKMs yang terkena imbas pandemi...
Antara/Dewi Fajriani/Koz

Terdampak Covid-19, Skema Pelaksanaan UTBK 2020 Masih Dikaji

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 06 April 2020, 12:41 WIB
Sampai saat ini, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) belum memberikan kepastian kapan pendaftaran UTBK akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya