Senin 27 Januari 2020, 06:30 WIB

Jauhi Sumber Penularan dan Rajin Cuci Tangan

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Jauhi Sumber Penularan dan Rajin Cuci Tangan

Dok. MI
Ilustrasi Cuci Tangan.

 

MEWABAHNYA virus korona di Tiongkok menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran luar biasa atas kemungkinan virus itu menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sejumlah praktisi kesehatan mengimbau masyarakat tidak takut secara berlebihan meskipun virus itu dapat memicu penyakit ringan hingga berat.

Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan Jakarta, Fathiyah Isbaniah, misalnya, mengatakan tingkat keganasan virus korona tergolong rendah. Dari total pasien yang terjangkit virus ini, kurang dari 5% yang dilaporkan meninggal.

Fathiyah menduga kematian pada korban virus korona mungkin akibat terjadinya mutasi gen yang membuat virus menjadi ganas. Rata-rata korban meninggal pun sudah berusia lanjut dan memiliki penyakit lain.

"Pasien yang meninggal kan usianya agak lanjut dan ada penyakit penyertanya seperti stroke. Kenapa jadi berat, karena ini masih berkembang terus," kata Fathiyah, kemarin.

Untuk mencegah terjangkit virus korona, Fathiyah mengimbau masyarakat tidak mendekati lokasi sumber penyebaran virus.

Selain itu, masyarakat perlu menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Cuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan hand sanitizer atau air mengalir dan sabun, terutama setelah menyentuh benda-benda di tempat umum seperti pegangan tangga dan tombol lift.

Jika ada warga yang baru saja bepergian dari sumber terjangkitnya virus kemudian mengalami gejala influenza disertai sesak napas, dianjurkan segera dibawa ke rumah sakit agar dapat langsung ditangani dokter.

Senada, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono, mengatakan pemerintah tidak bisa bertindak sendiri dalam pencegahan virus korona. Ia meminta masyarakat melakukan beberapa cara pencegahan.

"Konsumsi makanan sehat, istirahat cukup, hindari perjalanan ke daerah terjangkit, hindari kontak dengan orang yang kembali dari daerah terjangkit. Bila terpaksa pergi ke sana, gunakan pelindung diri. Hindari berada di kerumunan massa dan pastikan cuci tangan dengan sabun," imbau Anung. (Aiw/X-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More