Minggu 26 Januari 2020, 20:53 WIB

Kondisi Harimau Translokasi ke Lampung Membaik

Retno Hemawati | Nusantara
Kondisi Harimau Translokasi ke Lampung Membaik

MI/Susanto
Harimau Sumatera yang ditangkap di Muara Enim tersebut terkena jerat warga karena berkonflik dengan manusia sehingga dipindahkan ke TWNC.

 

DOKTER hewan Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) sekaligus koordinator proses translokasi harimau dari BKSDA Sumatera Selatan ke Kawasan Pelestarian Alam Satwa Liar Tambling, Sadmoko Kusumo, mengatakan bahwa kondisi harimau yang dipindahkan tersebut sudah mulai membaik. "Sudah mulai ada perubahan sekarang, sudah mau makan ayam satu ekor yang disuntik vitamin, sudah mau bergerak, dan keliling kandang," katanya, di Pesisir Barat, Lampung, Minggu (26/1).

Menurut dia, dengan memakan daging ayam sampai 3-4 ekor per harinya dan memulai aktivitas lainnya seperti keliling di dalam kandang dan berpindah-pindah tempat, maka menunjukkan perkembangan yang lebih baik dibanding saat pertama kali datang. "Ketika itu harimau tidak ada pergerakan apa-apa, dan sekarang sudah mau keliling kandang, serta berpindah tempat," katanya.
  
Ia mengaku, sudah menyiapkan pakan hidup seperti babi, tetapi sampai sekarang belum dimakan, malahan terus bersanding. "Sedangkan untuk makannya kami siapkan ayam potong 4-5 kilogram per harinya atau lebih," katanya. Moko menjelaskan bahwa kondisi seperti ini lumrah terjadi karena harimau yang dipindahkan dengan jarak yang cukup jauh umumnya stres. "Bahkan sampai saat ini masih stres, hanya sudah berangsur-angsur berkurang," katanya. 
  
Menurut dia, kemungkinan juga harimau telah stres sebelum penangkapan di mana harus bersaing di alam dengan hewan yang lain. "Harimau yang mengalami pindah ke tempat yang lain, masuk kandang angkut kemudian perjalanan, itu juga berpengaruh pada tingkat stresnya," katanya.
  
Dokter hewan TWNC ini menjelaskan bahwa harimau harus dalam kondisi tenang, aman dan nyaman setelah itu baru siap dikembalikan ke habitat aslinya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE

Cuaca Buruk, Harga Ikan di Aceh Mahal

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 06:31 WIB
Bukan saja terjadi lonjakan harga, tapi stok ikan di tingkat penampung juga mengalami...
Doc foto Humas Kaltara

Adu Inovasi Penanggulangan Covid-19 dan Kampanye Daring

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 05:00 WIB
Plt Gubernur Kaltara Teguh Setyabudi menegaskan agar semua pihak, termasuk para pasangan calon kepala daerah benar-benar mematuhi protokol...
MI/Heri Susetyo

Paslon BHS-Taufiq Ingin Sidoarjo Jadi Lumbung Padi

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 05:00 WIB
Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bambang Haryo Soekartono-M Taufiqulbar (BHS-Taufiq) siap menjadikan Sidoarjo sebagai daerah lumbung...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya