Minggu 26 Januari 2020, 20:49 WIB

Pelajar Indonesia di Wuhan Menunggu Dievakuasi

M. Iqbal Al Machmudi | Internasional
Pelajar Indonesia di Wuhan Menunggu Dievakuasi

AFP/HECTOR RETAMAL
Seorang karyawan hotel memeriksa suhu tubuh salah satu tamu di Wuhan, Tiongkok, Minggu (26/1).

 

PERHIMPUNAN Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok cabang Wuhan berencana akan melakukan evakuasi terhadap 98 pelajar asal Indonesia yang berada di Wuhan, Tiongkok. Namun, hingga saat ini masih menunggu kabar selanjutnya dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tiongkok.

"Memang arahnya kesana (evakuasi), tapi hingga saat ini masih menunggu kabar selanjutnya dari KBRI," kata Ketua PPI cabang Wuhan, Nur Mussyafak saat dihubungi, Minggu (26/1).

Hingga laporan tadi malam, jumlah pelajar Indonesia yang mengenyam pendidikan di Wuhan berjumlah 98 orang.

"Alhamdulillah, tidak ada yang terkena virus tersebut. Semoga jangan sampai kena," ucapnya.

Akses transportasi di Wuhan juga nonaktif untuk mencegah penyebaran virus korona tersebut. Pemerintah pastikan supply ke Wuhan tidak terganggu dan supermarket akan tambah stok makanan.

"Akses transportasi memang di tutup sementara baik kereta, pesawat, bus dari Wuhan maupun menuju Wuhan untuk mengurangi resiko penyebaran virus korona," tandasnya.

Baca juga: WNI Terjebak di Wuhan, Pemerintah Belum Putuskan Evakuasi

Sebelumnya, Amerikat Serikat (AS) tengah menyiapkan penerbangan untuk mengangkut warga negara mereka yang terjebak di Kota Wuhan, Tiongkok. Hal itu dikemukakan Departemen Luar Negeri AS, pada Minggu waktu setempat.

Penerbangan itu dijadwalkan bertolak dari Kota Wuhan pada Selasa (28/1) depan, yang mengangkut personel Konsulat AS di Tiongkok ke San Francisco. Sementara itu, Prancis juga berencana mengevakuasi warga mereka dari Kota Wuhan dengan menggunakan bus. (A-2)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More