Senin 27 Januari 2020, 00:40 WIB

Timnas U-19 Kewalahan Ditempa Latihan Fisik

(Faj/R-2) | Sepak Bola
Timnas U-19 Kewalahan Ditempa Latihan Fisik

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang,

 

PEMBENAHAN fisik pemain menjadi fokus pelatih asal Korsel, Shin Tae-yong, selama pemusatan latihan timnas U-19 di Chiang Mai, Thailand. Pemain sempat kewalahan, tetapi porsi latihan fisik tetap dipatok sesuai dengan program sang pelatih.

Hal itu diungkapkan asisten pelatih timnas U-19 Nova Arianto ketika dihubungi, kemarin. Salah satu menu latihan fisik yang setiap hari di-santap pemain ialah lari sejauh 5 kilometer. "Ya, ada lari cross country seperti biasa setelah kemarin uji coba," kata Nova.

Asisten pelatih Indra Sjafri di SEA Games 2019 itu mengatakan para pemain sempat kewalahan dengan porsi latihan fisik selama di Thailand. Namun, ia terus membangkitkan para pemain agar melahap program latihan yang disusun Shin Tae-yong.

"Mereka sempat kaget juga, tapi bagaimana pun ini baik buat mereka juga," ujar Nova.

Mengenai jadwal uji coba, lanjut Nova, Bagas Kaffa dan kolega bakal kembali melakoni, hari ini. "Besok (hari ini) dijadwalkan uji coba, tapi mengenai lawannya belum pasti," ungkap Nova.

Nova mengatakan, uji coba tersebut tak menjadi tolok ukur pada pemusatan latihan di Thailand kali ini. Ia mengatakan peningkatan fisik para pemain tetap yang utama.

"Memang concern kita ada di fisik selama di sini. Jadi, uji coba menjadi sarana latihan fisik juga dan belum masuk ke taktikal," kata Nova.

Lebih lanjut, Nova mengatakan setelah uji coba, para pemain tetap mengikuti program latihan fisik.

Sebelumnya, timnas U-19 yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan saat Indonesia menjadi tuan rumah, sudah melakoni dua kali uji coba. Dua laga awal itu semua berakhir dengan kekalahan.

Uji coba pertama, Garuda Muda takluk 0-2 dari skuad Kyung Hee University, Jumat (24/1), kemudian kalah 0-4 dari tim elite Korsel, Seongnam FC, Sabtu (25/1).

Uji coba dengan penekanan pembenahan fisik dilakukan dengan format pertandingan 3x30 menit. Sutan Zico dan kawan-kawan, lanjut Nova, belum terlalu memahami keinginan Shin Tae-yong. "Itu karena anak-anak memang belum masuk ke latihan taktik, masih fokus ke fisik," tegasnya. (Faj/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More