Senin 27 Januari 2020, 00:10 WIB

Petaka Barca di Mestalla

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Petaka Barca di Mestalla

(Photo by JOSE JORDAN / AFP)
Pemain depan Barcelona Argentina Lionel Messi bereaksi selama pertandingan sepak bola Liga Spanyol Valencia CF melawan FC Barcelona

 

LINI depan yang tumpul serta banyak peluang terbuang membuat Barcelona diterpa petaka, takluk 0-2 dari tuan rumah Valencia pada laga lanjutan La Liga di Stadion Mestalla, kemarin WIB.

Kekalahan itu menjadi pil pahit bagi pelatih anyar Quique Setien, setelah dua kemenangan di laga awal sejak menggantikan posisi Ernesto Valverde, pertengahan bulan ini. Posisi Barca sebagai penguasa klasemen La Liga pun menjadi terancam oleh rival bebuyutan mereka, Real Madrid.

La Blaugrana--julukan Barcelona--tidak berdaya oleh dua gol hasil aksi Maxi Gomez. Dia memaksa bek Jordi Alba membuat gol bunuh diri menit ke-48 dan menggandakan keunggulan klub 'Kelelawar Hitam' di menit ke-77.

Bahkan Gomez bisa saja membuat keunggulan lebih awal andai saja tendangan penaltinya tidak digagalkan kiper Marc-Andre ter Stegen pada menit ke-12.

"Kenyataannya kami bermain buruk, terlebih pada babak pertama. Kami tidak bisa mencari cara mencetak gol dan Valencia mengambil kesempatan dari kesalahan kami," kata Setien.

Lionel Messi sebagai bintang Barca bukan tanpa upaya maksimal. Ia bahkan membuat penguasaan bola mencapai 73%. Sebanyak 11 tendangan dilepaskan megabintang Argentina itu, tetapi tidak juga berbuah gol.

"Saya pikir, kami harus saling memahami dengan cara yang lebih baik," ungkap Setien mengenai komunikasi dengan anak asuhnya.

Namun, Setien harus segera memulihkan performa Barca karena laga 16 besar Piala Raja sudah menunggu yakni menghadapi Leganes, akhir pekan ini.

Pangkas jarak

Dari Liga Jerman, Robert Lewandowski mencetak gol ke-21 sekaligus memuncaki daftar pencetak gol terbanyak saat Bayern Muenchen menang telak 5-0 atas Schalke, kemarin WIB.

Pemain asal Polandia itu membuka keunggulan Die Roten pada menit ke-6. Gol itu membuat Lewandowski unggul satu gol dari Timo Werner pada perburuan gelar pencetak gol terbanyak.

Sementara itu, empat gol lainnya dicetak masing-masing oleh Thomas Mueller pada menit ke-45, Leon Goretzka menit ke-50, Thiago Alcantara, dan Serge Gnabry menit ke-89.

Hasil itu membuat jarak Muenchen memangkas jarak hanya satu poin dari RB Leipzig, yang bercokol di puncak klasemen. Muenchen terbantu dengan kekalahan Leipzig dari Eintracht Frankfurt dengan skor 0-2.

Kemenangan besar juga dipetik Atalanta yang mencukur Torino dengan tujuh gol tanpa balas di ajang Liga Italia, kemarin. Tujuh gol Atalanta bersarang di gawang Salvatore Sirigu melalui trigol Josip Ilicic, sepasang gol Luis Muriel, dan dua gol dari Robin Gosen dan Duvan Zapata.

Pelatih Torino Walter Mazzarri merasa terpukul. Rapuhnya lini belakang, ditambah dua kartu merah yang diterima Armando Izzo dan Sasa Lukic, membuat Torino tak berdaya.

Di ajang Piala FA Inggris, Chelsea sukses melenggang ke babak kelima setelah mengalahkan Hull City dengan skor tipis 2-1, kemarin. Chelsea unggul melalui sepakan Michy Batshuayi menit ke-6 dan tandukan Fikayo Tomori menit ke-64. Tuan rumah hanya mampu membalas melalui gol Kamil Grosicki menit ke-78.

Di laga lain, Tottenham Hotspur harus melakoni laga ulangan setelah ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Southampton. (Marca/Skysport/AFP/R-2)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More