Minggu 26 Januari 2020, 20:32 WIB

150 Wisatawan Asal Tiongkok Bakal Kunjungi Tanah Datar

Retno Hemawati | Nusantara
150 Wisatawan Asal Tiongkok Bakal Kunjungi Tanah Datar

ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi
Sejumlah penari menampilkan tari kolosal yang berjudul Rantrak Saragam Mayintak Bumi saat mengikuti Festival Pesona Budaya Minangkabau 2016.

 

SEBANYAK 150 wisatawan asal Tiongkok akan mengunjungi Istano Basa Pagaruyung dan menyaksikan acara pacu jawi di Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Senin (27/1).
  
Kabid Pariwisata Tanah Datar Efrison di Batusangkar Minggu mengatakan kedatangan wisatawan asal Tiongkok tersebut dijamin tidak terjangkit virus korona yang saat ini sedang mewabah di negeri tirai bambu tersebut. "Saat masuk ke bandara kan ada instansi yang memeriksa kedatangannya yaitu kantor pemeriksaan kesehatan bandara, di situ akan diketahui terpapar atau tidaknya," katanya.
  
Menurutnya, setelah melalui pemeriksaan oleh KKP di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), sejumlah turis asal Kota Kunming Tiongkok itu dinyatakan bebas dari virus yang mematikan. "Kita tetap welcome kepada mereka, tidak mungkin menolak kunjungan wisatawan, kecuali mereka dari Kota Wuhan Tiongkok yang telah diisolasi," ujarnya.
  
Ia menjelaskan ratusan turis asal Tiongkok tersebut akan mengunjungi Tanah Datar pada hari kedua kunjungan wisatawan mancanegara itu di Sumatra Barat. Setelah mendarat di BIM Minggu pagi (26/1) rombongan akan dibawa ke Kota Pariaman menuju Pantai Gondoriah, Sekolah Tinggi Beruk dan Museum Tabuik, kemudian melanjutkan perjalanan ke Kota Bukittinggi dan menginap di sana.
  
Keesokan harinya mereka akan mengunjungi Ngarai Sianok, Lubang Japang dan Jam Gadang, kemudian bertolak ke Batusangkar mengunjungi Istana Basa Pagaruyung dan menonton aksi pacu jawi. "Untuk kunjungannya ke Tanah Datar mereka datang di Istano Pagaruyung sekitar pukul 09.30 wib disambut dengan tari gelombang," katanya.
  
Kemudian melanjutkan perjalanan kerumah rumah dinas bupati dan makan singa disana. Selepas itu menyaksikan acara pacu jawi di Nagari Sungai Jambu, melajutkan perjalanan ke Danau Singkarak dan kembali lagi ke Kota Padang.
  
Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita, menyatakan ratusan turis yang datang dari Tiongkok itu diyakini dalam kondisi aman atau terbebas dari virus yang mematikan setelah petugas KKP Bandara telah melakukan pengecekan sesuai standar yang berlaku. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Bangun Kantor Gubernur Sumsel Untuk Keseimbangan Ulu dan Ilir

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 11:28 WIB
Bangunan kantor gubernur Sumsel sebagai bangunan warisan budaya (heritage) yang ditetapkan dan tidak boleh diubah bentuknya karena usia...
MI/Hendri Kremer

Efek Pandemi, Usaha Pariwisata Harus Sertifikasi CHSE

👤Hendri Kremer 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 11:20 WIB
Seritifakasi CHSE iditerapkan di seluruh Indonesia sebagai langkah pemerintah membangun citra pariwisata dengan menerapkan...
MI/Tosiani

Aliran Adem Hatie Berkembang Pesat di Temanggung

👤Tosiani 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 10:56 WIB
Kendati para anggotanya berasal dari berbagai agama, namun sekte Adem Hatie ini bukanlah agama. Semua anggota memuja Dewa Tan Tik Sioe atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya