Minggu 26 Januari 2020, 15:19 WIB

BMKG: Hujan Disertai Petir Berpotensi Landa Jakarta

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
BMKG: Hujan Disertai Petir Berpotensi Landa Jakarta

Antara/Galih Pradipta
Sejumlah anak bermain saat banjir menutup terowongan di jalan Kota Baru Bandar Kemayoran, Jakarta.

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (26/1), akan berawan hingga hujan ringan. Suhu udara diperkirakan berada di kisaran 24-32 derajat celcius.

Namun, BMKG meminta warga tetap waspada terhadap potensi hujan disertai kilat dan angin kencang yang diprediksi melanda Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

“Waspada potensi hujan disertai kilat dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore dan malam hari,” tutur Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG, Akhmad Taufan Maulana, kepada Media Indonesia, Minggu (26/1).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo, mengungkapkan dalam periode sepekan ke depan. Berikut, curah hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat, berpotensi terjadi di sejumlah wilayah.

Baca juga: BMKG: Hujan Akan Mengguyur DKI Jakarta Dari Siang Hingga Malam

“Sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia selatan Lampung yang diprakirakan akan terbentuk pada 24 hingga 26 Januari, menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat. Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembap dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer. Kedua faktor menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat,” jelas Mulyono.

Adapun daerah yang diperkirakan berpotensi dilanda hujan lebat pada periode 24-26 Januari 2020, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua. Sedangkan pada periode 27-29 Januari 2020, mencakup Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Papua.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” tutupnya.

Baca Juga

Dok Instagram @armandmaulana04

Armand Maulana Hibur Tenaga Medis

👤MI 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:10 WIB
PENYANYI Armand Maulana, 49, telah menjalankan beragam aksi sosial selama pandemi...
MI/Fathurrozak

Anggia Kharisma Banyak Bersyukur

👤MI 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 03:55 WIB
PERAYAAN Idul Fitri tahun ini tidak sama dengan tahuntahun...
Dok. Instagram @ditakarang

Dita Karang Debut di Industri K-Pop

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 03:35 WIB
NAMA Dita Karang, 23, menjadi perbincangan penggemar K-pop di Indonesia. Dita, gadis asal Yogyakarta, baru saja melakukan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya