Minggu 26 Januari 2020, 11:47 WIB

Kvitova Melaju ke Perempat Final Australia Terbuka

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Kvitova Melaju ke Perempat Final Australia Terbuka

AFP/Manan VATSYAYANA
Petra Kvitova

JUARA dua kali Wimbledon Petra Kvitova menjadi petenis putri pertama yang maju ke perempat final Australia Terbuka 2020.

Unggulan ketujuh Rep Ceko kalah pada set pertama sebelum menang 6-7 (4/7), 6-3, 6-2 atas Maria Sakkari asal Yunani pada Minggu (26/1).

Ia menghancurkan harapan Sakkari untuk menjadi perempuan Yunani pertama yang mencapai delapan besar Grand Slam terakhir.

Finalis 2019 itu akan berhadapan dengan pemenang antara petenis nomor satu dunia Australia Barty atau unggulan ke-18 Amerika Alison Riske di perempat final.

"Cukup sulit mengalahkan Sakkari. Saya kalah dengannya terakhir kali," ujar pemenang Wimbledon 2011 dan 2014 itu.

Baca juga: Nadal-Kyrgios Berebut Tiket Perempat Final

Sejatinya, Sakkari yang menjadi unggulan ke-22 melakukan start cepat, mematahkan servis Kvitova yang lebih berpengalaman di pertandingan pertama hanya dalam dua menit di Rod Laver Arena.

Disemangati sekelompok pendukung Yunani yang riuh, pemain berusia 24 tahun itu menunjukkan sedikit kegelisahan karena ingin menjadi petenis Yunani pertama yang lolos delapan besar.

Kvitova, tidak kehilangan satu set pun untuk mencapai 16 besar.

Namun, Sakkari memberikan perlawanan yang berbeda dengan operan backhand 6-5.

Sayangnya, kemenangannya di set pertama tidak diikuti di dua set selanjutmya. Petenis Yunani satu-satunya yang meraih gelar WTA itu harus tertunduk lesu usai dikalahkan 3-6 di set kedua.

Kvitova yang tampil dengan kepala yang lebih dingin, kembali memenangkan set ketiga berkat banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan Sakkari.

Berkat kemenangan ini, Kvitova selanjutnya akan bermain melawan antara peringkat teratas Ashleigh Barty atau Alison Riske, yang memainkan pertandingan malam putaran keempat di Rod Laver Arena.

Kvitova sendiri kehilangan final tahun lalu di Melbourne Park karena dikalahkan Naomi Osaka yang telah gugur di babak ketiga. (ausopen/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More