Minggu 26 Januari 2020, 10:15 WIB

Banjir Landa Lima Kecamatan di Kabupaten Bandung

Atikah Ishmah Winahyu | Nusantara
Banjir Landa Lima Kecamatan di Kabupaten Bandung

ANTARA/Raisan Al Farisi
Warga melintasi banjir menggunakan perahu yang melanda Kampung Bojongasih, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

 

TERCATAT lima kecamatan di Kabupaten Bandung dilanda banjir sejak Kamis (23/1). Lima kecamatan tersebut adalah Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Bojongsoang, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Rancaekek, dan Kecamatan Majalaya.

Menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ketinggian air kembali meningkat pada Sabtu (25/1) pukul 23.30 WIB akibat intensitas hujan yang tinggi hampir di seluruh wilayah Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Kemudian suplai air lebih dominan berasal dari Sungai Citarum dan Cikapundung.

“Tinggi Muka Air (TMA) mengalami kenaikan sekitar 20-40 cm di beberapa lokasi dan Jalan Andir-Katapang tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam pernyataan tertulis, Minggu (26/1).

Baca juga: Puluhan Hektare Sawah dan Rumah Terendam Banjir di Lampung Barat

Adapun data ketinggian air di lima kecamatan terdampak banjir tersebut yakni sebagai berikut, Kecamatan Dayeuhkolot TMA 10-160 cm, Kecamatan Bojongsoang TMA 10-20 cm, Kecamatan Baleendah TMA 20-170 cm, Kecamatan Rancaekek TMA 10-150 cm, dan Kecamatan Majalaya TMA 10-70 cm.

Pengungsi terbagi di beberapa titik, antara lain di Kecamatan Dayeuhkolot hingga Sabtu (25/1) pukul 19.30 WIB pengungsi tercatat berasal dari RW 04, RW 05, dan RW 14 sejumlah 43 kepala keluarga (KK), 133 jiwa, 9 lansia, 5 balita, dan 1 bayi.

Pengungsi di Gedung Inkanas, Kecamatan Baleendah sejumlah 34 KK, 115 jiwa, 22 lansia, 6 balita, 2 ibu menyusui, dan 1 disabilitias.

Total jumlah pengungsi di kedua kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot sejumlah 77 KK, 257 jiwa, 22 lansia, 10 balita, dan 1 bayi. Sedangkan jumlah rumah yang terendam banjir di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang dan Rancaekek sejumlah 6.404 KK atau 20.837 jiwa.

“BPBD Provinsi Jawa Barat dan BPBD Kabupaten Bandung telah menerjunkan tim BPBD Siaga di Posko Baleendah 10 personel yang dipimpin Kasi Logistik. Petugas Pusdalops Siaga 5 orang dipimpin Kabid KL. Shelter pengusian Dayeuhkolot petugas siaga 3 orang dan menyiapkan shelter pengungsian serta mendukung peralatan untuk evakuasi sejumlah perahu karet 4 unit, perahu fiber 7 unit dan perahu almunium 3 unit,” tutupnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More