Sabtu 25 Januari 2020, 20:18 WIB

Indonesia Belum Berencana Terbitkan Travel Warning Terkait Corona

Atalya Puspa | Internasional
Indonesia Belum Berencana Terbitkan Travel Warning Terkait Corona

ANTARA FOTO/Aji Styawan
Sejumlah Bandara di Indonesia memasang alat pemindai suhu tubuh untuk mendeteksi penumpang sebagai upayaantisipasi penyebaran Virus Corona.

 

PEMERINTAH Indonesia belum berencana untuk memberlakukan travel banned ke wilayah Tiongkok, begitupun sebaliknya. Hal itu merupakan keputusan yang diambil atas dasar pertimbangan yang dikeluarkan oleh WHO.

"Pertama, novel coronavirus (2019-nCoV) masih belum mendapat isyarat dari WHO untuk ditakegorikan public health emergency yang perlu perhatian dunia," kata Sekretaris Dirjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto kepada Media Indonesia, Sabtu (25/1).

Dirinya mengungkapkan, wabah virus tersebut memiliki risiko tinggi untuk Tiongkok. Namun, WHO belum mengeluarkan travel warning ke negara tersebut.

"Ini hanya high potential untuk Tiongkok. Dan WHO juga tidak merekomendasikan resricted ke Tiongkok, hanya Wuhan. Jadi setiap orang yang keluar dari Tiongkok memang harus diperiksa ketat. Sementara, untuk negara selain Tiongkok, yang datang yang harus diperiksa ketat," bebernya.

Dirinya meyakini, WHO akan mengambil tindakan tegas apabila 2019-nCoV berpotensi menyebar lebih liar. Hal itu telah dibuktikan saat kasus wabah Ebola di wilayah Kongo.

Saat ini sendiri, pemerintah terus melakukan pemantauan kondisi terkini mengenai penyebaran 2019-nCoV, dan terus berkoordinasi dengan WHO untuk mendapatkan arahan lebih lanjut.

"Kita sekarang real time dengan WHO. Kita selalu koordinasi terus terkait data. Karena saat ini memang virusnya belum dikenali. Kita juga masih pelajari betul," tandasnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More