Sabtu 25 Januari 2020, 16:10 WIB

Banjir Bandang Terjang 257 Rumah di Gondang

Ahmad Yakub | Nusantara
Banjir Bandang Terjang 257 Rumah di Gondang

MI/Ahmad Yakub
TRC BPBD bersama warga membersihkan material lumpur sisa banjir bandang di Desa/Kecamatan Gondang, Bojonegoro, Sabtu (25/1).

 

Sebanyak 257 unit rumah di Desa/Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, terdampak banjir bandang luapan Kali Pacal, Jumat (24/1) malam. Banjir juga merendam ruas jalan antardesa dan mengenangi sejumlah fasilitas umum.

Keesokan harinya, warga membersihkan material lumpur dari rumah dan pemukimannya. "Betul, ada banjir bandang di Gondang," terang Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan penanggulangan BPBD Bojonegoro, Eko Susanto,  Sabtu (25/1) pagi.

Saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, kata dia, meluncur ke lokasi untuk turut membantu membersihkan material yang terbawa banjir. "Kita belum tahu dampaknya sejauh mana. Tapi, tim sudah turun ke lokasi dan dipimpin langsung Pak Kalaksa," tandasnya.

Ia menjelaskan, genangan banjir akibat luapan Kali Pacal yang terjadi pada Jumat (24/1) malam sempat mengenangi 257 unit rumah dan sejumlah fasilitas umum. Antara lain, 1 unit musholla, halaman Puskesmas Gondang dan jalan desa kurang lebih sepanjang 500 meter.

BPBD juga tengah melakukan pembersihan bersama warga dan unsur terkait, material lumpur sisa banjir dari pemukiman dan jalan. Banjir bandang ini diakibatkan curah hujan tinggi hingga membuat Kali Gondang meluap.

Dampak luapan banjir juga mengakibatkan areal tanaman jagung dan padi umur seluas 1 hektare terendam. "Tadi pagi banjir surut. Dan sejak pagi tadi kami juga tengah mendata kerusakan lain akibat banjir bandang semalam," pungkasnya. (YK/OL-10)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More