Sabtu 25 Januari 2020, 12:45 WIB

Australia Pastikan Kasus Virus Korona Pertama

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Australia Pastikan Kasus Virus Korona Pertama

AFP
Petugas kesehatan Taiwan bersiap memeriksa penumpang dari Provinsi Wuhan, Tiongkok

 

AUSTRALIA memastikan kasus virus korona pertama mereka di negara bagian Victoria, Sabtu (25/1). Saat ini pasien dirawat di rumah sakit dalam kondisi stabil di pinggiran Melbourne, kata pejabat kesehatan Victoria.

Warga negara Tiongkok, berusia 50-an itu tiba dari Tiongkok pada 19 Januari dengan penerbangan dari Guangzhou. Menteri Kesehatan Victoria Jenny Mikakos mengatakan kepada wartawan.

Baca juga: Vihara Dharma Bakti Masih Butuh Perbaikan

"Penting untuk ditegaskan bahwa tidak ada alasan untuk khawatir bagi masyarakat," ucap Mikakos.

Penjabat Kepala Kesehatan Victoria, Angie Bone, mengatakan pasien tidak dalam perawatan intensif. "Kondisi pasien stabil dan tidak begitu serius," katanya.

Jumlah korban meninggal akibat virus corona baru bertambah menjadi 41 hingga Sabtu, dengan lebih dari 1.300 orang terinfeksi secara global. Sebagian besar kasus dan seluruh korban meninggal sejauh ini berada di Wuhan, lokasi pejabat memberlakukan pembatasan ketat terhadap perjalanan dan pertemuan umum.

Virus korona menjadi alarm bagi masyarakat, namun masih banyak misteri perihal penyakit tersebut, seperti bagaimana bahayanya serta seberapa mudah mampu menyebar ke sesama manusia. Virus tersebut dapat menyebabkan pneumonia, yang di beberapa kasus dapat berujung dengan kematian.

Masyarakat Australia pada Sabtu didesak untuk tidak mengunjungi Provinsi Hubei di Tiongkok, dengan imbauan paling serius untuk perjalanan  yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Baca juga: BNPB Luncurkan Uji Coba Layanan Operasional Call Center 24 Jam

"Pembatasan perjalanan secara ketat diberlakukan di Wuhan dan sejumlah kota lainnya di Provinsi Hubei," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Australia. "Jika anda berkunjung ke Provinsi Hubei saat ini anda mungkin tidak diizinkan untuk berangkat hingga pembatasan perjalanan dicabut."

Australia merupakan tujuan wisata populer di kalangan wisatawan Tiongkok tahun lalu terdapat sekitar 1,4 juta kunjungan jangka pendek dari Tiongkok, yang menjadi sumber pengunjung asing terbesar ke negara tersebut.  (CNA/OL-6)

Baca Juga

AFP/JIM WATSON

Trump Tuduh Rumah Sakit Menimbun Ventilator

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 30 Maret 2020, 13:20 WIB
Presiden Donald Trump menuduh rumah sakit, Minggu (29/3), menimbun ventilator yang kini ketersediaannya langka di seluruh Amerika Serikat...
AFP/Muhammad Haj Kadour

Suriah Laporkan Kasus Kematian Pertama Akibat Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 30 Maret 2020, 12:54 WIB
Negara yang kerap diguncang perang semakin khawatir dengan pandemi covid-19. Apalagi, sudah ada korban meninggal akibat virus...
Courtesy: Sven Teschke/Creative Commons/AFP

Cemas Covid-19, Menkeu Negara Bagian Hesse, Jerman Bunuh Diri

👤Deri Dahuri 🕔Senin 30 Maret 2020, 11:55 WIB
Menkeu Negara Bagian Hesse, Jerman, Thomas Schaefer bunuh diri diduga akibat mengalami 'kecemasan berat'  terkait bagaimana...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya