Jumat 24 Januari 2020, 22:25 WIB

DPR Minta Pemerintah Pantau WNI di Wuhan

Putra Ananda | Humaniora
DPR Minta Pemerintah Pantau WNI di Wuhan

MI/Susanto
Anggota Komisi I DPR RI Willy Aditya

 

SELAIN melakukan langkah-langkah antisipatif penyebaran virus korona di Indonesia, pemerintah dituntut untuk memberikan perhatian khusus pada warga negara Indonesia (WNI) di Tiongkok, khususnya Wuhan yang kini diisolasi oleh pemerintah Tiongkok

Anggota Komisi I DPR RI, Willy Aditya meminta perwakilan pemerintah di Tiongkok juga mengantisipasi kesulitan-kesulitan yang mungkin dihadapi warga Indonesia yang sedang berada di Tiongkok, terutama Wuhan.

“Kita punya banyak mahasiswa masih sekolah di Wuhan sekitar 400-an, belum lagi pebisnis dan lainnya. Konsentrasi kita bukan hanya soal penyebaran virus korona tapi juga perlindungan terhadap warga di sana. Isolasi wilayah Wuhan oleh pemerintah lokal, harus terus dipantau oleh Kementerian Luar Negeri,” ungkapnya.

Terkait antisipasi penyebaran virus korona di Indonesia, Willy mendorong Kementerian Kesehatan sebagai leading sector terus memantau status peringatan perjalanan (travel advice) bagi WNI yang akan bertolak ke Tiongkok.

Baca juga : MPR Desak Pemerintah Terbitkan Travel Warning Terkait Corona

“Seperti di negara lainnya, Kementerian Kesehatan berperan besar dalam mengantisipasi virus ini. Kemenkes perlu terus memantau status Travel Advice atau Saran Perjalanan bagi warga Indonesia yang akan ke Tiongkok khususnya Wuhan, dan di setiap pintu masuk Indonesia yang bersentuhan dengan daerah dicurigai terdapat virus korona,” ujarnya.

Willy menyebut antisipasi yang dilakukan harus rasional dan memiliki strategi yang jelas, sehingga tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat.

Di sisi lain, Willy berharap pemerintah juga membangun kerja sama dengan negara-negara lain agar selalu siap dalam menghadapi ancaman sejenis.

“Kerjasama dalam bidang pertahanan perlu juga mengantisipasi terkait ancaman biologis yang menyebar. Kita tidak bisa diam-diam saja menghadapi potensi ancama terkait,” pungkasnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More