Jumat 24 Januari 2020, 21:41 WIB

Nurul Fikri Lembang Gelar Kejuaraan Panahan

Ghani Nurcahyadi | Olahraga
Nurul Fikri Lembang Gelar Kejuaraan Panahan

Dok. NFBS Lembang
NFBS Lembang Pro Archery Championship 2020

SEKOLAH Nurul Fikri Boarding School (NFBS) Lembang kembali menggelar ajang NFBS Lembang Pro Archery Championship 2020, di Lapangan Panahan SMP dan SMA NFBS Lembang, Desa Cibodas, Kabupaten Bandung 24 Januari-2 Februari.

Sebanyak 900 peserta ikut ambil bagian dalam kompetisi yang melombakan 10 kategori lomba, yaitu Wooden Bow U-9, Fita Recurve U-12, Fita Recurve U-16, Fita Compound U-16, Fita Recurve Adult, Fita Compound Adult, Wooden Wood Adult, Barebow 20 (meter), Barebow 50 (M) serta Horsebow Festival.

“Kami sangat bersyukur karena animo peserta ternyata sangat tinggi. Padahal target kami hanya 800-an peserta dan hanya se-Jawa Barat (Jabar),” terang Ridwan Hakim, SC (steering committee/panitia pengarah) NFBS Lembang Pro Archery Championship 2020

Ridwan yang juga Direktur Pengembangan Sarana dan Prasarana NFBS itu menambahkan, peserta tidak hanya dari Jabar, melainkan berasal  dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Lombok, bahkan Malaysia, Singapura dan Filipina.

“Mayoritas mereka pelajar. Itu karena kami juga aktif mengikuti ajang-ajang serupa di luar sehingga begitu kami yang mengadakan, banyak yang ingin ikut serta sebagai solidaritas dan mengejar prestasi,” imbuhnya.

Direktur Akademi NFBS Lembang Muhammad Damiri menjelaskan, ajang tersebut digelar sebagai sarana untuk mendorong semangat siswa/santri untuk menekuni dan berprestasi dengan memanah.

Baca juga : Incar Banyak Tiket Olimpiade, Panahan bakal Latihan di Korsel

“Karena untuk masuk ke perguruan tinggi juga ada jalur prestasinya. Kalau mereka berprestasi di tingkat nasional, semisal antarpelajar, Pekan Olahraga Daerah (Porda), Pekan Olahraga Nasional (PON), SEA Games, Asian Games atau pun dunia, tentu menjadi keuntungan tersendiri,” ujarnya.

Dia pun berharap lomba panahan ini juga bisa menarik minat generasi muda di daerah sekitar untuk menjadi atlet panahan sehingga bermunculan bibit-bibit atlet berprestasi.

Selain memanah, para siswa di NFBS Lembang juga diajarkan berenang, berkuda, sepak bola, basket, skate board, tenis meja hingga futsal.

“Untuk panahan, renang dan berkuda itu kan sunah yang harus dimiliki seorang muslim. Kami juga dorong itu dan mengajak, serta memasyakatkan memanah. Kami juga bersinergi dan tersertifikasi dari Perpani (Persatuan Panahan Indonesia),” jelasnya.

Lebih jauh disampaikannnya, panahan terus didorong agar prestasinya bisa seperti basket dan futsal, yang selama ini menjadi primadona pendulang prestasi di NFBS Lembang.

“Basket kami sering dapat pelatihan dari klub Pelita Jaya. Sedangkan unggulan pendidikan kami di hafiz Alquran. Lulusan di 2019, siswa SMA kami sudah 60 persen menguasai 30 juz. Kalo SMP-nya, 100 persen sudah bisa 6 juz. Sedangkan Motto kami, yakni soleh, cerdas dan mampu memimpin,” pungkasnya.(RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More