Sabtu 25 Januari 2020, 00:00 WIB

Bahan Alami untuk Mengatasi Ruam pada Kulit

Raka Lestari | Humaniora
Bahan Alami untuk Mengatasi Ruam pada Kulit

Ist
Ruam Kulit

 

REAKSI  alergi pada kulit biasanya muncul sebagai ruam kulit yang gatal dan kemerahan. Dan ketika mengalaminya, kulit akan terasa hangat saat disentuh. Pergi ke dokter dan mendapatkan perawatan merupakan cara yang bisa dilakukan.
 
Akan tetapi, sebelum pergi ke dokter Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini sebagai penanganan pertama pada ruam kulit:
 
Berendam menggunakan oatmeal

“Berendam menggunakan oatmeal merupakan cara yang sangat bagus untuk membantu mengatasi gatal dan menenangkan kulit yang meradang,” kata Ranella Hirsch, MD, dokter kulit dan presiden Skincare Doctors di Boston.
 
"Tambahkan satu atau dua cangkir ke dalam bak mandi Anda untuk meringankan eksim dan psoriasis, tetapi pastikan untuk tetap menggunakan air hangat karena air panas dapat memperburuk kondisi yang mendasarinya," terangnya.
 
Berendam menggunakan baking soda

Baking soda bisa menjadi salah satu bahan untuk menenangkan gatal pada kulit karena ruam. Hirsch menyarankan untuk menambahkan seperempat cangkir ke dalam air hangat, lalu berendam. Atau bisa juga dengan mencampurnya dengan air untuk membuat pasta, mengoleskannya langsung ke area yang terkena ruam kulit.
 
“Baking soda bersifat anti jamur dan dapat membantu meringankan unsur gatal yang disebabkannya,” jelasnya.
 
Menggunakan humidifier
 “Humidifier bisa sangat membantu bagi mereka yang memiliki kulit kering,” saran Jonathan Kantor, MD, direktur medis di Florida Center for Dermatology.
 
Ia mengatakan bahwa eksim biasanya tidak akan terjadi pada kulit yang lembap, sehingga usahakan agar kulit Anda selalu dalam kondisi lembap untuk mencegah terjadinya gatal dan ruam pada kulit.
 
Biasakan menggunakan pelembap
Pelembab adalah obat rumah yang bagus untuk ruam kulit kering. Anda dapat memilih berbagai jenis pelembap yang dijual di pasaran untuk membantu meringankan kulit yang kering. Agar pelembap bekerja lebih efektif, tutuplah bagian kulit setelah Anda mengaplikasikan pelembap.
 
Misalnya, untuk kaki yang kering dan bersisik, gunakan pelembab dan kenakan kaus kaki. Carilah pelembab dengan ceramide, bahan yang mengunci kelembaban, dan bebas dari aroma dan paraben. (Medcom/OL-14)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More