Jumat 24 Januari 2020, 13:46 WIB

Seorang Pasien Suspect Virus Korona Masih Diobservasi

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Seorang Pasien Suspect Virus Korona Masih Diobservasi

ANTARA/NOVA WAHYUDI
Antisipasi Penyebaran Virus Korona di Palembang.

 

KEPALA Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI, Dwi Oktavia, menampik soal adanya pasien yang terjangkit virus korona di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

"Bukan terjangkit atau kena, masih observasi. Jadi kalau observasi itu beberapa hari kan. Kita periksanya di labnya (bagian) tenggorok gitu. Dipantau di klinis. Bukan kena dalam arti positif," ujar Dwi saat dihubungi, Jakarta, Jumat (24/1).

Baca juga: BPBD: Hujan Deras Mengguyur di Hampir Semua Wilayah Jakarta

Dwi belum bisa memastikan berapa lama observasi dilakukan guna mengetahui apakah pasien yang bersangkutan terjangkit virus korona atau tidak. Ia mengatakan, laboratorium litbang di Kementerian esehatan bukan menjadi otoritas pihaknya.

"Saya engak bisa pastiin berapa, biasanya beberapa hari," kata Dwi.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian ke negara-negara yang terjangkit virus korona, seperti Tiongkok.  Dwi membenarkan bahwa persebaran virus korona melalui udara seperti flu. Ia menyarankan kepada masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

"Kalau ada yang terjangkit dia harus ke dokter. Rumah sakit atau puskesmas itu sudah siap menerima memberi pertolongan awal, tapi pada saat keluar rumah itu harus pakai masker, terus akan diobservasi lebih lanjut," tandas Dwi. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More