Jumat 24 Januari 2020, 22:30 WIB

Penyebab Urine Berbau

Raka Lestari | Humaniora
Penyebab Urine Berbau

ANTARA

 

URINE pada dasarnya tidak memiliki bau, tetapi pada kondisi tertentu urine bisa menjadi berbau tidak seperti biasanya. Pada umumnya, urine yang berbau tersebut tidaklah berbahaya. Akan tetapi, urine yang berbau juga bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang lebih serius.
 
Dikutip dari Health, berikut ini adalah beberapa penyebab urine Anda berbau:
 
Mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

Sonia Dutta, MD, urogynecologist di NorthShore University HealthSystem di Illinois, mengatakan bahwa setiap orang mencerna makanan secara berbeda sehingga makanan tertentu bisa menyebabkan urine berbau. Beberapa jenis makanan seperti asparagus, kubis Brussel, bawang merah, bawang putih, kari, salmon, dan alkohol, dapat memiliki efek serupa. Dutta menyarankan untuk minum banyak air saat makan makanan yang berbau tajam.
 
Dehidrasi
Tidak cukup minum air putih dapat menjadi penyebab urine berbau, menurut Dr Dutta. Urin adalah kombinasi dari produk air dan limbah. "Jadi ketika Anda mengalami dehidrasi, urine Anda memiliki lebih sedikit air dalam kaitannya dengan produk limbah, yang dapat menyebabkan urin berbau," katanya.
 
Minum kopi
 Metabolit kopi, atau produk sampingan yang berasal dari kopi ketika dipecah dalam tubuh Anda, dapat membuat urine berbau, kata Dr Dutta. Kopi juga bersifat diuretik, artinya membuat Anda harus banyak buang air kecil. Diuretik dapat menyebabkan dehidrasi, jadi selain bau dari metabolit kopi itu sendiri, urine Anda mungkin juga berbau karena lebih terkonsentrasi daripada biasanya.
 
Infeksi saluran kemih
 Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi ketika bakteri masuk ke sistem kemih Anda melalui uretra dan kemudian mulai berkembang biak di kandung kemih. Bakteri tentu saja dapat membuat kencing Anda berbau tidak enak. Namun Dr Dutta mengatakan jika Anda menderita ISK maka ada beberapa gejala lain selain urine berbau.
 
Batu ginjal
 "Batu ginjal dapat mengumpulkan bakteri dan menyebabkan infeksi atau terkadang berdarah," kata Dr Dutta. "Hal itu kemudian bisa menyebabkan urine berbau." Namun selain urine yang berbau, batu ginjal juga disertai dengan gejala lain seperti termasuk sakit punggung, mual dan muntah, sering buang air kecil, darah dalam urine, rasa sakit ketika buang air kecil, dan demam.   (Medcom/OL-14)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More