Jumat 24 Januari 2020, 10:27 WIB

Komisi Fatwa MUI Tegaskan Tidak Ada Rencana Bahas Netflix

Antara | Humaniora
Komisi Fatwa MUI Tegaskan Tidak Ada Rencana Bahas Netflix

AFP
Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Hasanudin AF membantah adanya pembahasan fatwa tentang Netflix.

 

KETUA Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Hasanudin AF mengatakan pihaknya belum berencana menerapkan hukum syariah atau fatwa soal Netflix.
 
"Komisi Fatwa MUI belum pernah membahas tentang platform digital penyedia jasa layanan konten, termasuk Netflix, apalagi menetapkan fatwa. Juga tidak ada rencana untuk membahas," kata Hasanudin melalui pesan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (23/1).
 
Dalam keterangan yang juga ditandatangani oleh Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh, Hasanudin mengatakan pemberitaan yang menyebutkan Majelis Ulama Indonesia menetapkan fatwa haram Netflix adalah tidak benar.  Hal itu, kata dia, termasuk ketidakbenaran soal MUI siap menetapkan hukum syariah layanan streaming itu. Media sudah terlanjur menulis demikian maka pemberitaan itu perlu diluruskan.
 
Fatwa akan ditetapkan setelah adanya pertanyaan dan pengkajian mendalam mengenai masalah yang akan difatwakan. Dan jika terkait dengan disiplin keilmuan tertentu, maka Komisi Fatwa akan mendengar pandangan ahli. Kendati begitu, Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI KH Cholil Nafis mengatakan fatwa soal Netflix belum dikeluarkan tetapi memang ada permintaan pengkajian soal hukum syariah layanan streaming tersebut.
 
Dia mengatakan sejauh ini ada pertanyaan dari unsur masyarakat mengenai hukum syariah Netflix sehingga itu menjadi pembahasan. Kendati begitu, hingga saat ini MUI belum mengeluarkan fatwa layanan streaming itu.

baca juga: Menjaga Kerukunan di Tahun Tikus Logam
 
"Ada masyarakat yang bertanya pasti kita mengkaji dan mengkaji itu bisa saja fatwanya haram, bisa halal. Jadi tidak setiap yang dikaji pasti haram," kata dia.
 
Adapun pernyataan Hasanudin dan Cholil itu menjelaskan memang ada pebincangan di internal MUI soal Netflix tetapi belum tentu dibahas menjadi suatu fatwa. (OL-3)

 

Baca Juga

ANTARA

BPJS Kesehatan Tunggu Perpres Baru Terkait Iuran JKN

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 02 April 2020, 13:58 WIB
Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf mengatakan pihaknya telah mempelajari dan siap menjalankan putusan MA...
ANTARA

Dua Gempa Bumi di Maluku dan Bali tak Berpotensi Tsunami

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 02 April 2020, 13:38 WIB
Hasil analisis BMKG terhadap gempa di Laut Banda menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo...
Medcom.id/M Rizal

BMKG Catat 8 Gempa Tektonik Signifikan di Akhir Maret

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 02 April 2020, 13:27 WIB
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menyebut aktivitas gempa tektonik ini dipicu oleh adanya aktivitas sumber...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya