Jumat 24 Januari 2020, 07:25 WIB

Tren Positif Perjuangan Melawan Rasuah

Dmr/Cah/*/X-11 | Politik dan Hukum
Tren Positif Perjuangan Melawan Rasuah

MI/ROMMY PUJIANTO
Logo KPK

 

PENINGKATAN skor indeks persepsi korupsi di Indonesia menunjukkan perjuangan melawan korupsi yang dilakukan pemerintah, KPK, lembaga keuangan dan bisnis, serta masyarakat sipil menunjukkan upaya positif.

Hal itu disampaikan peneliti Transparency International Indonesia (TII), Wawan Suyatmiko, menanggapi rilis Transparency International tentang corruption perception index (CPI) yang ke-24 untuk tahun pengukuran 2019. CPI Indonesia di 2019 berada di skor 40/100 dan berada di peringkat 85 dari 180 negara yang disurvei. Skor itu meningkat 2 poin jika dibandingkan dengan di 2018.

Ada empat sumber data yang menyumbang kenaikan CPI Indonesia, yaitu political risk service, IMD world competitiveness yearbook, political and economy risk consultancy, dan world justice project-rule of law index.

"Peningkatan terbesar dari IMD world competitiveness yearbook dengan peningkatan 10 poin. Ini dipicu penegakan hukum yang tegas kepada pelaku suap dan korupsi dalam sistem politik. Adapun penurunan 4 poin dikontribusikan pada world economic forum EOS yang dipicu masih maraknya suap dan pembayaran ekstra pada proses ekspor-impor, pelayanan publik, pembayaran pajak tahunan, proses perizinan dan kontrak," ungkap Wawan di Jakarta, kemarin.

Pakar hukum pidana Universitas Krisnadwipayana, Indriyanto Seno Adji, menilai capaian IPK itu karena kerja sama antara penegak hukum dan lembaga membaik.

"Pemerintah perlu terus mendorong kebijakan pemberantasan korupsi yang lebih terarah dan terintegrasi pada perbaikan tata kelola birokrasi. Kemudian membangun efisiensi regulasi pemberantasan korupsi berbasis omnibus law serta pembangunan karakter, moral, dan integritas penyelenggaran negara," pungkasnya. (Dmr/Cah/*/X-11)

Baca Juga

Antara

Hetifah: Presiden Harus Jatuhkan Sanksi bagi Pemudik

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 02 April 2020, 11:57 WIB
"Jadi, saya rasa tidak bisa sekadar imbauan. Saya harap inpres tersebut juga bisa meng-cover sanksi pelanggaran yang tegas,"...
MI/Heri Susetyo

Menteri dan Kepala Daerah Jangan Sembarangan Buat Aturan Mudik

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 02 April 2020, 11:06 WIB
Prioritas pemerintah adalah menjaga masyarakat tetap berada di daerah masing-masing atau tidak mudik saat hari raya Idul...
ANTARA/Aprillio Akbar

RUU Cipta Kerja akan Dibahas Melalui Baleg

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Kamis 02 April 2020, 10:54 WIB
Penetapan mekanisme pembahasan RUU Cipta Kerja akan dilakukan melalui Rapat Paripurna DPR, hari ini, Kamis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya