Kamis 23 Januari 2020, 21:59 WIB

Kenaikan IPK Cermin Prestasi Pemberantasan Korupsi

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Kenaikan IPK Cermin Prestasi Pemberantasan Korupsi

Dok MI
Indriyanto Seno Adji

 

PAKAR Hukum Pidana Universitas Krisnadwiapyana Indriyanto Seno Adji menilai kenaikan indeks persepsi korupsi (IPK) mencerminkan kinerja pemberantasan korupsi membaik. Namun, tandasnya, pemerintah perlu mendorong lebih lagi terhadap upaya perbaikan sistem supaya lebih berintegritas.

"Saya berpendapat bahwa IPK Indonesia 2019 ini mencerminkan adanya kemajuan pemberantasan korupsi, artinya pendekatan dengan metode pencegahan dan penindakan korupsi mendekati harapan masyarakat secara luas," katanya kepada Media Indonesia, Kamis (23/1).

Ia juga menilai capaian IPK tersebut tidak luput akibat kerja sama antarpenegak hukum dan lembaga semakin membaik. Namun seluruh pihak tidak boleh puas dengan capaian tersebut.

Pemerintah perlu terus mendorong kebijakan pemberantasan korupsi yang lebih terarah dan terintegrasi pada pokok-pokok perbaikan tata kelola birokrasi. "Kemudian membangun efisiensi regulasi pemberantasan korupsi yang berbasis omnibus law, serta pembangunan karakter moral dan integritas penyelenggaran negara yang berwawasan bersip korupsi secara massif kelembagaan," pungkas mantan Plt Wakil Ketua KPK itu. (OL-8).

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More