Jumat 24 Januari 2020, 05:00 WIB

Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi

(Ant/E-3) | Ekonomi
Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi

ANTARA/Puspa Perwitasari/
RESIDEN RESMIKAN LANDASAN PACU TIGA BANDARA SOEKARNO-HATTA

 

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan landasan pacu (runway) 3 dan east connection taxiway (ECT), terminal 3, dan gedung VIP Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kemarin.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim dan memohon rida Allah SWT, pada sore hari ini saya resmikan runway 3, east connection taxiway (ECT), terminal 3, dan gedung VIP Bandara Soekarno-Hatta," kata Presiden Jokowi.

PT Angkasa Pura II (persero) telah mengoperasikan penuh runway 3 bandara itu sejak 20 Desember 2019. Dimensi runway baru itu mencapai 3.000 x 60 meter dari sebelumnya saat diuji coba sejak Agustus 2019 dengan dimensi 2.500 x 45 meter. Sebelumnya sudah ada dua runway, yaitu runway 1 di utara dan runway 2 di selatan. Kehadiran runway 3 di selatan akan membuat lebih banyak pesawat bisa mendarat (landing) dan lepas landas (take off).

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan keberadaan runway 3 membuat kapasitas pesawat yang bisa mendarat di bandara mencapai 100 pesawat per jam dari sebelumnya 82 pesawat per jam. Menhub juga mengatakan, dengan adanya runway 3 ini pesawat tak perlu lagi berlama-lama di udara untuk mengantre pendaratan. (Ant/E-3)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More