Kamis 23 Januari 2020, 21:37 WIB

Kontraktor: Revitalisasi Monas Sudah 88%

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Kontraktor: Revitalisasi Monas Sudah 88%

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
pembangunan Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta.

 

DIREKTUR Utama PT Bahana Prima Nusantara, Muhidin Shaleh menyebut pengerjaan revitalisasi sudah mencapai 88 persen. Selain membuat plasa di kawasan Selatan Monas untuk kegiatan upacara, Shaleh mengaku pihaknya tengah membuat kolam air seluas lapangan bola.

Nantinya, konsep pembuatan kolam air tersebut akan diterangi lampu-lampu serta akan ada pohon yang berjejer di dekat kolam tersebut.

"Luas kolam itu sendiri 97 x 40 meter sekian. Seukuran lapangan bola lah. Kolam itu dibuat istilahnya ada pancaran lampu dari bawah. Arahnya menuju ke (tugu) monas. Lampunya ada di dalam kolam. Baik (berada) di pelataran sisi kiri, kanan akan menyorot," terang Shaleh di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (23/1).

Untuk pembuatan plaza di kawasan selatan Monas, kata Shaleh ini digunakan untuk kegiatan Upacara. Hal ini tidak hanya diperuntukkan untuk jajaran pemprov saja, melainkan pemerintah pusat bisa menggunakan plasa tersebut untuk kegiatan seremoni.

"Jadi, yang kita kerjakan ini istilahnya paten. Bukan hanya pemda saja yang pakai, tp mungkin dari pemerintah pusat bisa pakai. (Revitalisasi) ini baru berjalan di plasa bagian selatan. Pohon-pohon itu akan kita ganti 10 kali lipat semua," tutur Shaleh.

Proyek senilai Rp71,3 miliar menuai pro kontra dari masyarakat. Wahan Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta meminta revitalisasi penataan Monas agar dihentikan. Sebab, revitalisasi itu bukannya memperindah dan menyejukkan kawasan Monas, melainkan justru mengorbankan ratusan pohon-pohon besar usia puluhan tahun ditebang agar segera dihentikan. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More