Kamis 23 Januari 2020, 20:30 WIB

ATR/BPN Incar Posisi Jawara Di Level Asean pada 2024

Raja Suhud | Ekonomi
ATR/BPN Incar Posisi Jawara Di Level  Asean pada 2024

IST/BPN
Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto memberikan pengarahan kepada 917 peserta Rakernas ATR/BPN di Jakarta.

 


Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus memperbaiki layanan pertanahan yang dimilikinya.


Pemanfaatan teknologi dilakukan guna menciptakan inovasi menuju datan pertanahan dan tata ruang lengkap dan terpercaya.   

“Proses kita dalam rangka digitalisasi guna mewujudkan kantor yang modern, kuncinya ada pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Ini yang harus dikerjakan dengan baik. Karena di  2021 nanti roadmap PTSL sudah harus naik kelas, kita masuk dalam basis elektronik. Dan kita harapkan pada tahun 2023 regulasi terkait elektronik sudah berlaku dan dapat diterapkan. Sehingga pada 2024 kita bisa unggul di Asean region,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto saat memberikan pengarahan kepada 917 peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian ATR/BPN yang berlangsung dari 21 higga 23 Januari 2019.

Ia mengingatkan bahwa PTSL itu  wajib dilaksanakan dan tervalidasi secara elektronik. Sistemnya ke depan akan diatur, jadi tidak ada 2  sistem lagi.

"Setelah selesai dokumennya tinggal dirating saja, jadi hanya melakukan sistem elektronik. Kemudian, untuk data di kantor kita juga sangat susah untuk mencarinya, nanti akan dijadikan satu agar memudahkan kita untuk mencari data, untuk kebutuhan riset, dan lain-lain,” tegasnya.


Dalam kesempatan itu, Himawan juga mengingatkan bahwa adanya target untuk menaikan Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP) setiap tahunnya. “Dalam hal ini, Kementerian ATR/BPN ditargetkan dalam meningkatkan PNBP 10 kali dengan layanan informasi pertanahan dan tata ruang,” pungkasnya. (RO/E-1)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More