Kamis 23 Januari 2020, 19:54 WIB

PT Softex Berencana Bangun Lokasi Daur Ulang Limbah Popok

Retno Hemawati | Nusantara
PT Softex Berencana Bangun Lokasi Daur Ulang Limbah Popok

ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Pekerja mengemas popok di Pabrik Softex Indonesia di Sidoarjo, Jawa Timur.

 

PT Softex Indonesia berencana membangun lokasi daur ulang limbah popok bekas di Jawa Timur sebagai jawaban atas tudingan beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM) di wilayah itu mengenai sampah produk popok yang merusak lingkungan dan berdampak buruk pada biota sungai. "Akan kami bangun di Jatim, tapi kami masih mencari partner bank sampah yang mau bekerja sama dengan PT Softex Indonesia, dan kami mau menaruh teknologi hidrothermal sekaligus bagaimana cara mengumpulkan limbah popok," kata Plant Manager PT Softex Indonesia, Benydictus Hindrawan di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (23/1).
  
Beny yang ditemui di lokasi pabrik PT Softex Indonesia mengatakan, pembangunan lokasi daur ulang sampah popok di Jatim tersebut juga sebagai komitmen perusahaan memanfaatkan limbah popok menjadi bahan yang bermanfaat dan ramah lingkungan. Ia mengatakan, perusahaan yang juga memproduksi pembalut perempuan hingga popok dewasa itu telah memiliki teknologi daur ulang limbah popok menjadi batu-bata, pupuk, hingga media tanam.
  
Teknologi itu, kata dia, sudah diterapkan di Bandung, Jawa Barat, yakni melakukan pengolahan limbah popok menggunakan teknologi hidrothermal melalui pemanasan khusus, sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara. "Sudah kami laksanakan di Pabrik Karawang, yakni mendaur ulang popok bayi bekas sehingga tidak mencemari lingkungan, dan hasilnya berupa batu-bata, pupuk, dan media tanam," katanya.
  
Ia menjelaskan, dalam proses hidrothermal popok bayi diuraikan menjadi cair dan padat, kemudian untuk cair digunakan menjadi pupuk cair, dan yang padat diubah menjadi bata, asbak dan barang bermanfaat lainnya.
  
Terkait lokasi daur ulang limbah popok bekas di Jawa Timur, Beny mengaku akan ditempatkan di sekitar pabrik Sidoarjo dengan memberdayakan masyarakat sekitar pabrik. "Saat ini progres pembangunan lokasi daur ulang limbah popok bekas di Jawa Timur masih dalam tahap assessment, diharapkan bisa realisasi tahun ini," katanya. (Ant/OL-12) 

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Bangun Kantor Gubernur Sumsel Untuk Keseimbangan Ulu dan Ilir

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 11:28 WIB
Bangunan kantor gubernur Sumsel sebagai bangunan warisan budaya (heritage) yang ditetapkan dan tidak boleh diubah bentuknya karena usia...
MI/Hendri Kremer

Efek Pandemi, Usaha Pariwisata Harus Sertifikasi CHSE

👤Hendri Kremer 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 11:20 WIB
Seritifakasi CHSE iditerapkan di seluruh Indonesia sebagai langkah pemerintah membangun citra pariwisata dengan menerapkan...
MI/Tosiani

Aliran Adem Hatie Berkembang Pesat di Temanggung

👤Tosiani 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 10:56 WIB
Kendati para anggotanya berasal dari berbagai agama, namun sekte Adem Hatie ini bukanlah agama. Semua anggota memuja Dewa Tan Tik Sioe atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya