Kamis 23 Januari 2020, 14:30 WIB

BP Jamsostek Cabang Slipi Gelar Wisata Akuisisi dan Sosialisasi

mediaindonesia.com | Ekonomi
BP Jamsostek Cabang Slipi Gelar Wisata Akuisisi dan Sosialisasi

Istimewa
Para pedagang bunga di Pasar Bungan Rawabelong, Sukabumi Utara, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, menunjukkan kartu peserta BP Jamsostek

 

BP Jamsostek Cabang Jakarta Slipi melakukan wisata akuisisi serta sosialisasi kepada para pedagang bunga di Pasar Bunga Rawabelong, Jakarta Barat, Kamis (23/1), terkait tentang program dan manfaat terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2019.

Dengan didampingi karyawan BP Jamsostek, Adie MS selaku Pejabat Pengganti Sementara (PPS) Kepala Kantor BP Jamsostek Cabang Jakarta Slipi mengatakan bahwa penambahan manfaat program BP Jamsostek dalam  PP No 82 Tahun 2019  merupakan hal yang sangat positif dan sudah lama ditunggu peserta BP Jamsostek.

Berdasarkan PP No 82 Tahun 2019, terjadi peningkatan manfaat kendati pembayaran iurannya tidak naik. Dengan PP tersebut, anak dari peserta program BP Jamsostek yang meninggal dunia dan telah terdaftar minimal 3 tahun sebagai peserta, akan memperoleh manfaat beasiswa maksimal Rp174 juta sampai lulus perguruan tinggi.

“Manfaat tersebut berlaku untuk dua orang anak dari peserta program BP Jamsostek yang semula hanya diberikan untuk satu orang anak saja dengan besaran manfaat Rp12 juta. Dengan demikian, maka manfaat jaminan pendidikan ini naik hingga 1.350%,” papar Adie.

Selain itu, pemerintah juga telah menaikkan manfaat program jaminan kematian (JKM) BP Jamsostek  hingga 75%. Menurut Adie, JKM tersebut meliputi  biaya pemakaman, dan santunan berkala dan santunan kematian yang semula hanya Rp24 juta menjadi Rp42 juta.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Bunga Rawabelong H. Sarmili menaruh harapan kepada BP Jamsostek agar seluruh pedagang yang ada di Pasar Bunga Rawabelong untuk segera menjadi peserta program BP Jamsostek.

“Dengan menjadi peserta BP Jamsostek, para pedagang di Rawabelong akan  mendapatkan perlindungan serta merasakan manfaatnya,” kata Sarmili.

“Sebelumnya ada salah satu pedagang bunga yang menjadi peserta BP Jamsostek di Pasar Rawabelong yang meninggal dunia. Anaknya sebagai ahli waris berhak mendapatkan santunan dari BP Jamsostek,” ujarnya.

Di sisi lain, Adie juga mengatakan bahwa untuk penyerahan santunan tersebut rencananya dilakukan pada pertengahan Februari 2020 di Pasar Bunga Rawabelong. Saat ini penyerahan santunan dari pedagang bunga peserta BP Jamsostek dalam proses kelengkapan dokumen.

“Kami berharap seluruh pedagang yang ada di Pasar Rawabelong serta pekerja–pekerja lainnya yang belum menjadi peserta BP Jamsostek untuk segera mendaftar dikarenakan manfaat yang diberikan sangat luar biasa,” papar Adie. (OL-09)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More